Minum Kopi Saat Perut Kosong Berbahayakah bagi Kesehatan?

Minum Kopi Saat Perut Kosong Berbahayakah bagi Kesehatan?
Minum kopi. Foto: Gstockstudio/123rf

jpnn.com - Tiap orang punya cara masing-masing dalam menyambut pagi, salah satunya dengan ngopi. Namun sebaiknya, jangan minum kopi saat perut kosongkarena kebiasaan bisa bisa berbahaya bagi kesehatan Anda.

Bagi beberapa orang, secangkir kopi pada pagi hari bisa menjadi penambah semangat sebelum memulai aktivitas. Namun, jangan coba-coba meminumnya saat sarapan. Ini alasannya!

1. Bisa bikin mood berantakan

Tahu tidak, minum kopi saat perut kosong bisa meningkatkan kadar hormon kortisol dalam tubuh. Hormon tersebut bertanggung jawab dalam mengatur respons kekebalan tubuh, metabolisme, serta respons stres.

Berdasarkan penuturan dari dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, kadar kortisol paling tinggi adalah pada pagi hari, setelah bangun tidur. Kadar hormon ini akan terus menurun, hingga kadarnya yang paling rendah adalah sebelum tidur pada malam hari. Jika Anda memompa tubuh dengan kafein ketika kortisol sedang berada di puncaknya (dalam keadaan perut kosong), Anda yang sudah stres bisa jadi makin stres. Pasalnya, kafein bekerja serupa dengan kortisol.

Konsumsi kafein sebelum sarapan justru dapat menghambat produksi serotonin yang merupakan neurotransmiter penyebab rasa senang. Sehingga, mereka yang minum kopi pada perut kosong bisa mengalami perubahan mood secara tiba-tiba.

2. Asam lambung bermasalah

Anda yang punya kebiasaan minum kopi saat perut kosong berisiko lebih besar untuk memiliki masalah kesehatan jangka panjang, apalagi mereka yang sudah memiliki penyakit mag atau GERD. Sebab, kopi dapat merangsang asam di dalam perut dan menimbulkan masalah pencernaan.

Bagi beberapa orang, secangkir kopi pada pagi hari bisa menjadi penambah semangat sebelum memulai aktivitas. Namun, jangan coba-coba meminumnya saat sarapan. Ini alasannya.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News