Minyak Zaitun Mengurangi Risiko Serangan Jantung dan Stroke

Minyak Zaitun Mengurangi Risiko Serangan Jantung dan Stroke
Minyak Zaitun. Foto: foodhallonline

jpnn.com - Para peneliti dari Pusat Penelitian Keenan untuk Ilmu Biomedis di Rumah Sakit St. Michael di Toronto menemukan kadar protein penting meningkat setelah mengonsumsi makanan tinggi lemak tak jenuh, seperti minyak zaitun. 

Diterbitkan di Nature Communications, penelitian ini mengungkapkan bahwa protein bisa menghambat penyebab utama pendarahan dan penyakit kardiovaskular.

Protein plasma ini disebut Apolipoprotein A-IV atau ApoA-IV. Semakin tinggi tingkat ApoA-IV, maka akan semakin rendah tingkat penyakit kardiovaskular. 

ApoA-IV bisa memblokir glikoprotein platelet permukaan GPIIbIIIa atau integrin αIIβ3. 

Reseptor trombosit ini membantu menggumpal trombosit dalam darah yang disebut agregasi trombosit. Ini bisa memblokir aliran darah, yang menyebabkan trombosis.

"Agregasi platelet bisa menyelamatkan nyawa karena bisa menghentikan pendarahan di pembuluh yang rusak," kata Direktur Platform untuk Hematologi, Kanker dan Penyakit Imunologi di pusat penelitian Keenan dan peneliti utama studi tersebut, Dr. Heyu Ni, seperti dilansir laman MSN, Kamis (15/11).

"Tapi kami biasanya tidak ingin trombosit memblokir aliran darah di pembuluh. Ini adalah trombosis dan jika oklusi pembuluh darah terjadi di jantung atau otak, maka hal itu bisa menyebabkan serangan jantung, stroke atau kematian," jelas Dr. Ni.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, setiap tahun ada 790 ribu orang Amerika mengalami serangan jantung dan sekitar 795 ribu orang Amerika mengalami stroke.

Penelitian ini mengungkapkan bahwa protein bisa menghambat penyebab utama pendarahan dan penyakit kardiovaskular.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News