Minyak Zaitun untuk Pelumas Gairah, Apakah Aman?

Minyak Zaitun untuk Pelumas Gairah, Apakah Aman?
Minyak Zaitun. Foto: foodhallonline

jpnn.com - Pernah terpikirkah oleh Anda memakai minyak zaitun untuk pelumas? Memakai pelumas seks atau personal lubricant bisa menjadi ide bagus untuk mencapai sensasi yang lebih dalam melakukan hubungan suami istri. Sebab, pemakaian pelumas akan meningkatkan kenikmatan dan mencegah rasa sakit maupun iritasi akibat gesekan antara vagina dan penis.

Di antara sekian banyak jenis pelumas gairah, salah satu yang dinilai paling aman bagi kesehatan adalah minyak zaitun. Selain memiliki sifat alami, penggunaan minyak zaitun sebagai pelumas untuk berhubungan seks konon mampu memberikan beragam manfaat kesehatan. Apa benar demikian?

Minyak zaitun sebagai pelumas gairah
Banyak penelitian mengatakan bahwa minyak zaitun bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai dari menjaga kesehatan pembuluh darah hingga memelihara kulit dan rambut.

Lalu, bagaimana dengan minyak zaitun sebagai pelumas seks? Terkait hal ini, medis ternyata agak setuju. Maksudnya, minyak zaitun tergolong aman digunakan sebagai pelumas seks. Namun, ada beberapa efek samping yang bisa terjadi pada organ intim wanita akibat penggunaan minyak zaitun sebagai pelumas saat berhubungan seks.

Perlu Anda tahu, sebenarnya pelumas seks terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan bahan dasarnya. Yaitu, berbasis air, berbasis minyak, dan berbasis silikon. Nah, minyak zaitun tergolong sebagai pelumas berbahan dasar minyak. Pelumas jenis ini memiliki konsistensi yang lebih tinggi, sehingga dapat bertahan lebih lama saat digunakan.

Kendati demikian, minyak zaitun sebagai pelumas seks tetap berpotensi menimbulkan efek samping yang merugikan. Berikut beberapa efek samping yang dimaksud:

1. Merusak kondom lateks
Minyak zaitun dapat menyebabkan kerusakan pada lateks, yang sering dijadikan sebagai bahan dasar kondom. Fakta membuktikan bahwa kerusakan bisa terjadi hanya dalam hitungan satu menit.

Dengan kata lain, jika Anda menggunakan kondom berbahan lateks bersamaan dengan minyak zaitun untuk pelumas seks, kondom tersebut berisiko rusak dan kehilangan fungsinya. Sebagai akibatnya, kehamilan mungkin saja terjadi dan Anda lebih berisiko untuk terkena infeksi meluar seksual (IMS).

Penggunaan minyak zaitun sebagai pelumas untuk berhubungan seks konon mampu memberikan beragam manfaat kesehatan. Apa benar demikian?

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News