JPNN.com

Misteri Klaster COVID-19 Al-Taqwa di Melbourne

Jumat, 10 Juli 2020 – 21:41 WIB
Misteri Klaster COVID-19 Al-Taqwa di Melbourne - JPNN.com
Sekolah swasta Al Taqwa College di Truganina, suatu kawasan di pinggiran Kota Melbourne, menjadi salah satu klaster penyebaran COVID-19 terbesar di Australia setelah 113 kasus ditemukan di sini. (ABC News: Gemma Hall)

Faikha Schroeder sedang menikmati liburan sekolah ketika menerima pesan bahwa salah satu rekan pengajarnya di Al-Taqwa College, dinyatakan positif COVID-19. Kini sekolah Islam di pinggiran kota Melbourne itu telah menjadi klaster dengan 113 kasus.

  • Klaster Al-Taqwa College kini menjadi sumber penyebaran 113 kasus positif
  • Pejabat Medis Tertinggi Negara Bagian Victoria Brett Sutton menyatakan ada kaitan antara klaster ini dengan wabah yang menyebar di sejumlah perumahan sosial di Melbourne
  • Kepsek Al-Taqwa Omar Hallak menyatakan pihaknya telah berupaya sebaik mungkin mencegah penyebaran virus

 

Faikha menerima pesan itu pada 27 Juni lalu. Memasuki 1 Juli, datang pesan lain dari pihak sekolah bahwa semua guru harus menjalani tes COVID-19.

Guru pada jenjang sekolah menengah ini telah menjalani tes pertama dan dinyatakan negatif. Kini dia masih menunggu hasil tes keduanya.

Faikha sendiri tidak tahu hasil tes rekan-rekannya, atau sumber virus ini, yang hingga hari Kamis (9/07) telah menyebabkan 113 kasus, klaster terbesar di Victoria saat ini.

Namun kepada ABC, dia menjelaskan bahwa ada murid-muridnya yang tinggal di blok-blok perumahan rakyat di beberapa lokasi di Melbourne, yang telah diisolasi karena terjadinya penyebaran virus.

"Kami memiliki layanan bus sekolah dari lokasi itu," jelas Faikha seraya menambahkan murid-muridnya menempuh jarak yang cukup jauh ke sekolah.

Pada Kamis sore, Pejabat Medis Tertinggi Victoria Brett Sutton mengkonfirmasi adanya "kaitan epidemiologis" antara sekolah Al-Taqwa dengan perumahan rakyat tersebut.

Sumber ABC Indonesia

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
1