Mobil Listrik VW Digadang Berpotensi Ganggu Nissan dan Tesla

Mobil Listrik VW Digadang Berpotensi Ganggu Nissan dan Tesla
Calon mobil listrik pertama Volkswagen. Foto: VW/JPNN.com

jpnn.com, STUTTGART - Volkswagen telah menyiapkan sebuah mobil listrik pertamanya yang disebut Volkswagen ID. Mobil listrik ini dilaporkan akan menyediakan tiga kapasitas baterai yang berbeda.

Head of Product Line untuk E-Mobility VW Christian Senger mengatakan, pihaknya akan menawarkan tiga pilihan baterai yang berbeda dari ID hatchback tersebut.

“Kami akan memiliki tiga varian yang berbeda dari VW ID, untuk konsumen yang memiliki budget berbeda-beda. Mobil entry-level ini akan memiliki kisaran jarak tempuh dengan standar WLTP 330 km dan memiliki performa lebih terbatas,” kata Senger seperti dilansir Carscoops, Senin (1/10).

Jika pelanggan menginginkan varian yang bisa lari kencang, maka semakin besar pula kapasitas baterai yang dibutuhkan. Namun, jika ingin berlari dengan kecepatan sedang maka baterai yang ditawarkan akan lebih irit.

Model entry-level diharapkan bisa mengemas baterai 49 kWh yang mengesankan. Senger mengungkapkan, VW ID bisa melaju sejauh 450 km.

Sementara itu, pilihan baterai berkapasitas paling besar dapat melaju hingga 600 km, namun itu masih jauh dari perkiraan. Jika itu benar, VW ID mempunyai keunggulan dari rivalnya yaitu Nissan dan Tesla.

Di luar spesifikasi baterai yang sangat diantisipasi, Senger menambahkan bahwa VW ID itu juga akan menjadi kendaraan permanently online pertama bagi VW. Pelanggan nantinya akan bisa melakukan permbaruan over-the-air.

VW berencana akan memproduksi kendaraan listriknya di pabrik VW Zwickau. Sebagai awalan, VW akan membangun 1500 unit per hari, dan akan meningkatkan kapasitas produksi pada 2021.

Volkswagen telah menyiapkan sebuah mobil listrik pertamanya yang disebut Volkswagen ID dan digadang bisa menyaingi mobil listrik Nissan dan Tesla.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News