Moeldoko Harap Karo Agro Expo Gugah Generasi Muda Mau Jadi Petani

Moeldoko Harap Karo Agro Expo Gugah Generasi Muda Mau Jadi Petani
Ilustrasi - Bupati Karo Cory Sebayang membuka Karo Agro Expo 2023. KSP Moeldoko dalam sambutannya berharap acara yang digelar menggugah keterpanggilan generasi muda menjadi petani. Foto: Supplied for JPNN.com

jpnn.com - BERASTAGI - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan pertanian memiliki peran yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia.

Pertanian masih menjadi tumpuan utama dalam memenuhi kebutuhan domestik. Pertanian juga masih menjadi mata pencarian mayoritas masyarakat.

"Untuk itu saya sangat mengapresiasi kegiatan Karo Agro Expo 2023, karena akan menghasilkan pembeli (hasil pertanian Indonesia) dari sepuluh negara yang potensial," ujar Moeldoko dalam sambutannya pada pembukaan Karo Agro Expo 2023 yang digelar di Berastagi, Sumut.

Moeldoko menyampaikan sambutannya dalam bentuk rekaman video karena berhalangan hadir pada expo yang disertai dengan pameran alat dan mesin pertanian, 23-25 November.

"Saya berharap kegiatan ini perlu dioptimalkan. Expo kali ini juga disertai dengan pameran alat mesin pertanian yang dapat meningkatkan pemahaman petani di Sumut untuk memanfaatkan teknologi alsintan sehingga meningkatkan produk pertanian," ucapnya.

Moeldoko juga berharap expo yang digelar bisa menjadi media edukasi bagi generasi muda agar tertarik bekerja di dunia pertanian.

Menurutnya, pertanian memiliki peluang yang sangat besar dan menguntungkan, terutama untuk ekspor. Karena itu sayang sekali jika generasi muda tidak mengambil peluang yang ada.

Moeldoko lantas memaparkan data dari BPS di mana pada 2021 lalu ekspor buah seperti nenas, alpukat, pisang dan kacang-kacangan mencapai USD 1 miliar.

KSP Moeldoko berharap Karo Agro Expo 2023 dapat menggugah keterpanggilan generasi muda agar mau menjadi petani.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News