Momentum Generasi Muda dan Masa Depan Pembangunan

Oleh: Juventus Prima Yoris Kago - Deklarator Kawan Gibran dan Kader Partai Solidaritas Indonesia

Momentum Generasi Muda dan Masa Depan Pembangunan
Deklarator Kawan Gibran dan Kader Partai Solidaritas Indonesia Juventus Prima Yoris Kago. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com - Negeri ini telah mengukir mimpi yakni gagasan mengenai cita-cita Indonesia Emas 2045.

Tepat satu abad perjalanan sebagai bangsa merdeka. Kita memulai langkah pertama menuju ke sana dengan menyambut momentum Pemilu serentak 2024.

Sebelum ini, inisiasi pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Baru dari Jakarta ke Nusantara adalah komitmen mendasar memulai perjalanan menuju ke sana.

Pada April 2018, menjelang akhir periode pertama pemerintahannya, presiden Jokowi melalui Kementerian Perindustrian menginisiasi gagasan "Making Indonesia 4.0".

Isinya memuat peta jalan Revolusi Industri 4.0 di Indonesia. Ini adalah komitmen pemerintah dalam merespons proposal Klaus Schwab bertajuk The Fourth Industrial Revolution (2017) yang dipresentasikan pada event World Economic Forum 2017.

Era Revolusi Industri 4.0, menurut Klaus Schwab, sangat berbeda dari sebelumnya.

Ada banyak kejutan dalam bidang teknologi, massifnya digitalisasi secara global, serta konektivitas yang membentuk masyarakat jejaring global yang diintegrasikan melalui platform teknologi digital.

Revolusi Industri 4.0 ditandai dengan berkembangnya Internet of Things, data sains, kecerdasan buatan, robotik, cloud, cetak tiga dimensi, dan teknologi nano, yang telah mendisrupsi inovasi teknologi yang berkembang sebelumnya.

Negeri ini telah mengukir mimpi yakni gagasan mengenai cita-cita Indonesia Emas 2045. Langkah pertama adalah menyambut momentum Pemilu serentak 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News