MPR Sosialisasikan Empat Pilar di Acara Rakernas HIPMI PT

MPR Sosialisasikan Empat Pilar di Acara Rakernas HIPMI PT
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid. Foto: Humas MPR/dok.JPNN.com

jpnn.com, MEDAN - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid memberi Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika saat Rakernas HIPMI Perguruan Tinggi (HIPMI PT) di Ruang Audio Visual Gedung Digital Library Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara, Sabtu (22/7/2017).

Dalam kesempatan itu, Hidayat mengakui saat ini prinsip-prinsip kebangsaan memudar apalagi di tengah maraknya teknologi informasi dan radikalisme. Untuk itulah, kata dia, MPR melakukan Sosialisasi Empat Pilar.

Menurutnya, dulu ada lembaga BP7, sebuah lembaga yang khusus mensosialisasikan dan membahas masalah Pancasila kepada seluruh elemen masyarakat hingga mahasiswa bahkan juga kepada para pejabat.

Hidayat mengambil sisi positif dari kehadiran BP7 dan Penataran P4. Namun, dia menegaskan metode sosialisasi saat ini berbeda dengan masa sebelumnya.

“Sosialisasi Empat Pilar saat ini dilakukan dengan beberapa metode seperti diskusi, dialog, dan seminar agar mudah diterima,” katanya.

Perlunya keterlibatan pemerintah dalam mensosialisasikan Pancasila, keinginan itu telah disampaikan MPR kepada Presiden. Hidayat mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo yang telah membentuk Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKPPIP). Lembaga ini membantu Presiden dalam pemantapan Pancasila. "Ällhamdulilah telah terbentuk unit kerja itu,” ujarnya.

Hadir dalam sosialisasi tersebut antara lain Ketua Fraksi PKS MPR RI Tifatul Sembiring, Gubernur Sumatera Utara H. Tengku Erry Nuradi, Rektor HIPMI PT Said Aldi Al Idrus, Pembantu Rektor 1 Unimed Prof. Dr. Abdul Hamid K, Ketua Umum BPD HIPMI Sumut H. Akbar Himawan Buchari, Ketua HIPMI PT Sumut Muhammad Zaid Fahri dan ratusan mahasiswa.

Hidayat Nur Wahid memaparkan tentang sejarah dalam proses lahirnya Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Dikatakan, sebenarnya Pancasila telah disepakati seperti dalam Piagam Jakarta namun karena ada keberatan dari tokoh Indonesia timur maka tokoh-tokoh Islam rela untuk mengganti Sila I seperti yang tertera saat ini.

Hidayat Nur Wahid memberi Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika saat Rakernas HIPMI PT di Medan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News