Mudah Sesak dan Lelah, Awas Gejala Gagal Jantung

Mudah Sesak dan Lelah, Awas Gejala Gagal Jantung
Penyakit jantung. Foto: Active One Group

jpnn.com, JAKARTA - Penyakit jantung kini tidak hanya dialami mereka berusia 40 tahun ke atas tetapi juga usia muda yaitu sekitar 30 tahun (middle age).

Mulai dari genetik, obesitas, gaya hidup sedentari, merokok, dan pola makan yang buruk bisa menjadi pemicunya.

"Gagal jantung kongestif adalah kondisi ketika jantung tidak bisa memompa pasokan darah yang dibutuhkan tubuh karena adanya kelainan struktur dan fungsi," kata dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, Evi Supriadi dalam webinar kesehatan, Jumat (26/3).

Gejala ini bisa dialami pria maupun wanita. Namun, dalam beberapa kasus, ada sejumlah perbedaan, termasuk tanda tertentu yang lebih cenderung dialami oleh salah satu jenis kelamin.

"Dampaknya sangat fatal, bisa menyebabkan kematian," ujar dokter yang bertugas di Siloam Hospitals Jambi itu.

Jebolan Fakultas Kedokteran Unpad Bandung itu menambahkan beberapa gejala umum gagal jantung. Tanda-tandanya biasanya mudah lelah, termasuk ketika naik anak tangga, mudah sesak, batuk dan sering ke kamar mandi.

"Habis mandi kemudian merasa sesak. Jika sudah tahap akhir, saat kondisi berbaring pun pasien merasa sesak. Bila tidak ditangani memicu komplikasi hipertensi atau stroke," terang Evi.

Karenanya, bagi yang merasa adanya gejala di atas apalagi punya riwayat penyakit hipertensi, diabetes melitus, sebaiknya segera memeriksakan diri ke rumah sakit.

Penyakit jantung kini mulai menyasar usia 30 tahun karena gaya hidup yang tidak sehat seperti obesitas dan pola makan yang buruk.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News