Mudik Pakai Mobil Pribadi? Gunakan BBM Beroktan Tinggi!

Mudik Pakai Mobil Pribadi? Gunakan BBM Beroktan Tinggi!
Dispenser bahan bakar minyak di SPBU yang menyediakan Pertalite, Pertamax dan Premium. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - Lebaran di Indonesia tak bisa dilepaskan dari tradisi mudik. Demi Idulfitri, warga kembali ke kampung halaman.

Kini, makin banyak warga yang pulang kampung dengan kendaraan pribadi. Tapi, ada kiat bagi pengguna kendaraan pribadi yang hendak pulang kampung.

Hal yang perlu menjadi perhatian pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi adalah performa mesin saat berjalan jauh. Salah satu kuncinya ada pada pilihan bahan bakar.

Saat ini tersedia lima jenis bahan bakar minyak (BBM) untuk mobil nondiesel. Yakni, Premium dengan oktan 88, Pertalite (oktan 90), Pertamax (oktan 92), Pertamax Plus (oktan 95) dan Pertamax Turbo (oktan 98).

Lantas, apa yang tepat untuk kendaraan yang umum dimiliki warga Indonesia? Erwin, kepala bengkel Agung Toyota SM Amin Pekanbaru berbagi tips untuk para pemudik dengan mobil pribadi.

Menurutnya, Toyota menyarankan para konsumennya menggunakan bahan bakar beroktan tinggi. Toyota jelas tidak menyarankan penggunaan Premium karena beroktan rendah dan bertimbal.

Untuk itu, Pertalite atau Pertamax bisa menjadi pilihan. ’’Sangat dianjurkan yang beroktan tinggi karena berkaitan dengan performa, gas buang dan kenyamanan jangka panjang,’’ ujarnya.

Erwin menjelaskan, oktan itnggi bisa membuat mesin berkapasitas kecil mampu menghasilkan tenaga lebih besar. Itulah kenapa untuk kendaraan jenis low cost green car (LCGC) ditempeli pemberitahuan khusus di tangkinya.

Lebaran di Indonesia tak bisa dilepaskan dari tradisi mudik. Demi Idulfitri, warga kembali ke kampung halaman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News