Sabtu, 15 Desember 2018 – 10:22 WIB

#MudikPenihPesona di Banyumas? Jangan Lewatkan Atraksi Seni di Destinasi Wisata

Rabu, 28 Juni 2017 – 15:00 WIB
#MudikPenihPesona di Banyumas? Jangan Lewatkan Atraksi Seni di Destinasi Wisata - JPNN.COM

jpnn.com, BANYUMAS - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengajak masyarakat untuk memanfaatkan liburan Lebaran 2017 dengan mengusung tema #PesonaLebaran dan #MudikPenuhPesona.

Hal itu disambut baik Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, yang menyiapkan pergelaran kesenian tradisional di sejumlah objek wisata dan tempat berkumpulnya warga saat libur Lebaran 2017 sebagai atraksi bagi para pemudik yang pulang ke kampung halaman.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Budaya serta Pariwisata Banyumas Asis Kusumandani mengatakan, setiap daerah yang berada di Kabupaten Banyumas, setiap tahunnya menggelar atraksi dan kesenian tradisional untuk menyambut para pemudik.

Atraksi tersebut bisa juga diartikan sebagai bentuk rasa syukur telah selesainya bulan Ramadan.

"Pergelaran kesenian tradisional tersebut bertujuan untuk menghibur masyarakat khususnya para pemudik yang sudah berada di kampung halamannya,” kata Asis. ?

Dia mengatakan kesenian tradisional yang akan ditampilkan berupa "ebeg" (kuda kepang) dan lengger. Sementara untuk lokasi pertunjukan pihaknya telah memilih Alun-Alun Purwokerto dan sejumlah objek wisata.

"Kami memilih alun-alun dan objek wisata sebagai tempat pertunjukan karena lokasinya strategis dan memiliki atmosfer yang kuat untuk dikunjungi masyarakat," katanya.

Selain untuk menaungi seniman, kegiatan tersebut juga memberikan hiburan gratis di ruang publik untuk warga perantauan yang pulang kampung di Banyumas. Lebih lanjut, Asis mengatakan pergelaran kesenian itu akan dilaksanakan pada tanggal 28 Juni, pukul 09.00-17.00 WIB, di Taman Rekreasi Andhang Pangrenan Purwokerto berupa pementasan "ebeg".

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar