Muhaimin Jamin Pemulangan TKI di Bawah Jembatan Kandara

Muhaimin Jamin Pemulangan TKI di Bawah Jembatan Kandara
JAMINAN - Menakertrans Muhaimin Iskandar (kanan), bersama Menlu Marty Natalegawa, saat mengikuti rapat gabungan di DPR RI, Selasa (18/1). Foto: Arundono/JPNN.
JAKARTA — Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar memastikan pemulangan tenaga kerja Indonesia (TKI) yang nasibnya terlantar di Arab Saudi akan terus menerus dilakukan pemerintah. Untuk memudahkan proses pemulangan TKI, Muhaimin mengaku terus melakukan pendekatan kepada pemerintah Arab Saudi.

"Kita tiap hari sudah melakukan pemulangan lewat KJRI. Namun dalam waktu dekat ini akan ada pemulangan khusus yang  dilakukan terutama bagi TKI perempuan yang hamil, anak-anak, TKI berusia lanjut serta yang menderita sakit,” kata Muhaimin seusai rapat dengan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI), Jakarta, Selasa (18/1).

Terkait permasalah TKI overstayer yang berada di bawah jembatan  Kandara, Jeddah, Arab Saudi, Muhaimin menjelaskan, pemerintah telah melakukan upaya diplomasi dengan mengoptimalkan peran Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) dan kerja sama lintaskementerian di bawah naungan Menko Polhukam.  Disebutkan pula, Pemerintah telah membentuk joint task force (gugus tugas gabungan) yang terdiri dari Kemenakertrans,Kemenlu, Kemenag, Kemensos, Polri (Bareskrim), Kemenpolhumham, Kemenko Kesra, Kemeneg PP dan Perlindungan Anak, serta BNP2TKI. "Ini untuk melakukan upaya pemulangan tersebut,” paparnya.

Menteri yang juga Ketua Umum PKB itu menyebutkan, jumlah overstayer yang dideportasi dari Jeddah setiap tahun rata-rata berjumlah 20.000 orang. Saat ini, ada sekitar 200 TKI masih berlindung di bawah Jembatan Kandara, Jeddah, Arab Saudi yang sudah siap dipulangkan ke Indonesia.

JAKARTA — Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar memastikan pemulangan tenaga kerja Indonesia (TKI) yang nasibnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News