Muhammad Lutfi Jabat Mendag, Tidak Sampai Dua Tahun, Lalu Dicopot

Muhammad Lutfi Jabat Mendag, Tidak Sampai Dua Tahun, Lalu Dicopot
Belum dua tahun, posisi Muhammad Lutfi sebagai Mendag digantikan Zulhas. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pendiri Mahaka Group Muhammad Lutfi dua kali terlibat dalam reshuffle kabinet Indonesia Maju oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Lutfi saat reshuffle kabinet pada Desember 2020, dilantik sebagai Mendag menggantikan Agus Suparmanto.

Ketika proses reshuffle pada Desember 2020, Lutfi dilantik bersamaan dengan Sandiaga Salahudin Uno yang menjadi Menparekraf dan Tri Rismaharini sebagai Mensos.

Turut dilantik juga ketika itu Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menag, Sakti Wahyu Trenggono menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan, dan Budi Gunadi Sadikin sebagai Menkes.

Namun, posisi Muhammad Lutfi sebagai Mendag tidak berumur panjang. Terutama, setelah muncul persoalan kelangkaan minyak goreng di Indonesia.

Eks Dubes RI untuk Amerika Serikat (AS) itu dicopot dari Mendag di kabinet Indonesia Maju kurang dua tahun setelah dirinya dilantik.

Presiden Jokowi pada Rabu (15/6) kemudian melantik Ketum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas sebagai Mendag menggantikan Lutfi di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Prosesi pelantikan kepada Zulhas berbarengan dengan keputusan Jokowi menunjuk Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR menggantikan Sofyan Djalil.

Muhammad Lutfi pada reshuffle kabinet Desember 2020, dilantik sebagai Mendag di kabinet Indonesia Maju. Belum dua tahun, posisi Lutfi digantikan Zulhas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News