Muhammad Ponari, Dukun Cilik dari Jombang, Kondisinya Kini

Hasil Praktik untuk Bangun Rumah dan Beli Tanah

Muhammad Ponari, Dukun Cilik dari Jombang, Kondisinya Kini
Ponari dengan mainannya. Foto : Khafidlul Ulum/JPNN
Masih ingat dukun cilik Ponari? Namanya sudah lama tidak terdengar. Bocah kelas lima SDN Balongsari 1 Jombang itu ternyata hingga kini masih melakukan praktik pengobatan dengan batu "ajaib"-nya. Tentu saja sudah tidak seramai tahun lalu.

 

========================
 KHAFIDLUL ULUM, Jombang
========================

SUSANA, 44, menenteng ember kecil berisi air putih. Dengan penuh harap, dia membawa air itu ke rumah dukun cilik Muhammad Ponari di Desa Balongsari, Kecamatan Megaluh, Jombang.

 

Walaupun jarum jam sudah menunjuk pukul 20.00, ibu dua anak tersebut tetap berangkat menuju rumah Ponari demi kesembuhan ibunya, Suparmi, yang terserang stroke. Selain sudah malam, jalan menuju rumah dukun cilik itu cukup sulit. Di sepanjang jalan desa tersebut tidak ada penerangan. Kondisinya gelap gulita. Susana dan suaminya, Suliadi, pun harus ekstra hati-hati.

Tidak hanya gelap, jalannya juga rusak parah. Apalagi, sejak sore hujan mengguyur desa itu. Akibatnya, jalan menuju rumah Ponari becek. "Saya harus datang ke sini demi kesembuhan ibu saya," ujar Susana saat ditemui di rumah Ponari pada Jumat malam (8/10).

Masih ingat dukun cilik Ponari? Namanya sudah lama tidak terdengar. Bocah kelas lima SDN Balongsari 1 Jombang itu ternyata hingga kini masih melakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News