Muka – muka Baru yang Melenggang ke Dewan

Muka – muka Baru yang Melenggang ke Dewan
Kampanye terbuka Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin dan rapat umum PDIP di Alun-Alun Ahmad Yani, Kota Tangerang, Banten, Minggu (24/3). Foto: Istimewa

jpnn.com, SLEMAN - Berdasarkan hasil rekapitulasi suara tingkat kecamatan, PDI Perjuangan kembali berjaya dalam pemilu 2019 di Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Perolehan kursi partai berlambang banteng moncong putih ini terus bertambah sejak Pileg 2009. Kala itu PDI Perjuangan membukukan 10 kursi. Lalu pada Pileg 2014 naik menjadi 12 kursi. Dan kini bertambah lagi menjadi 15 kursi.

“Memang dari awal kami mentargetkan 15 kursi dan ternyata bisa tercapai,” ujar Ketua DPC PDI Perjuangan Sleman Koeswanto seperti dibeirtakan Radar Jogja (Jawa Pos Group).

Pertarungan perebutan kursi parlemen Sleman memang cukup dinamis. Wajah-wajah lama masih mampu mengamankan kursi mereka. Sementara belasan petahana lainnya diprediksi tumbang.

Dari sembilan partai politik (parpol) yang memiliki wakil di DPRD Sleman periode 2014-2019, hanya Demokrat yang tak mampu meloloskan kadernya untuk lima tahun ke depan.

BACA JUGA: Kasus Penggelembungan Suara, Hubungan PAN – PKS Memanas

Adapun delapan parpol yang mendapatkan kursi di parlemen Sleman lima tahun ke depan, antara lain: PDI Perjuangan, PAN, Gerindra, PKS, PKB, PPP, Golkar, dan Nasdem.

PDI Perjuangan mampu mengamankan dua kursi di enam daerah pemilihan (dapil). Tambahan amunisi baru didapat di dapil 2 (Kecamatan Pakem, Cangkringan, Ngaglik), dapil 3 (Prambanan, Kalasan, Ngemplak), dan dapil 4 (Depok, Berbah).

Perolehan suara PDI Perjuangan di Sleman di posisi teratas, meski rekapitulasi perolehan suara hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 tingkat kabupaten belum final.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News