Mulai Hari ini PELNI Tiadakan Penjualan Tiket di Loket

Mulai Hari ini PELNI Tiadakan Penjualan Tiket di Loket
Kapal Pelni. Foto dok Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) mulai hari ini, 1 November 2023 akan mengalihfungsikan layanan loket di kantor cabang Jakarta.

Direktur Usaha Angkutan Penumpang PELNI Nuraini Dessy menjelaskan hal ini dilakukan perseroan untuk mendorong masyarakat agar mulai membiasakan pembelian tiket secara daring atau online.

Dessy mengatakan kebijakan alih fungsi pelayanan di loket akan dilakukan secara bertahap dengan pendahuluan di tiga kota dengan pelabuhan terbesar di Indonesia.

Untuk tahun ini, sambung Dessy kebijakan kami berlakulah secara terbatas di Jakarta, Surabaya dan Makassar.

"Kenapa di 3 cabang ini? Karena Jakarta, Surabaya dan Makassar merupakan cabang terbesar pembelian tiket. Kami juga melihat karakteristik penumpangnya seperti apa. Evaluasi bertahap setelah peak season Natal dan Tahun Baru, baru akan kami lihat perluasan pemberlakuan kebijakan ini ke kota lainnya," ujar Dessy.

Dengan begitu lewat aplikasi PELNI mobile, masyarakat tidak perlu repot harus datang ke loket dan mengantre panjang untuk membeli tiket.

"Pembelian tiket sudah bisa dilakukan secara online, jadi dari rumah atau di mana pun bisa beli tiket," imbuh Dessy.

Kebijakan alih fungsi loket kantor cabang ini akan membuat pelanggan tidak bisa lagi membeli tiket secara manual.

PELNI memastikan aktivitas lain seperti pembatalan tiket maupun pengembalian dana atau refund tetap dilayani di loket kantor cabang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News