Mulai Siapkan Ahli Kereta Api

Mulai Siapkan Ahli Kereta Api
Mulai Siapkan Ahli Kereta Api

jpnn.com - PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) akan menyiapkan tenaga ahli kereta api sebagai respons terhadap dibangunnya jaringan rel kereta api di wilayah ini. Sebanyak 40 orang akan disekolahkan untuk menempuh pendidikan di Madiun.

“Akan ada enam program studi dalam mencetak SDM yang ahli dalam perkeretaapian nantinya. Diantaranya, perencanaan rel, dan keselamatan kereta api,” kata Kepala Bappeda Kalteng, Herson B Aden seperti diberitakan Radar Sampit (Grup JPNN).

Pembangunan rel kereta api Kalteng akan melintasi lima kabupaten yakni Murung Raya (Mura), Barito Utara (Batara), Barito Timur (Bartim), Barito Selatan (Barsel) dan Kapuas.

Penetapan trase jalur rel KA telah mendapat persetujuan dari Meteri Perhubungan pada 15 Maret 2013 sepanjang 425 Km, SK Menteri Perhubungan Nomor KP.297 tahun 2013. Selanjutnya Gubernur Kalteng akan menerbitkan SK penetapan.
 
Herson menuturkan, pihaknya akan merekrut lima orang masing-masing jurusan (sepuluh) dari setiap kebupaten/kota. Putra-putri Kalteng dari wilayah Barito, terutama yang dilintasi jalur rel, akan mendapat prioritas. Jika 40 orang tersebut kurang dan harus menambah kelas lagi maka akan dilakukan penambahan.

"Akan ada standar kualifikasi untuk penerimaan itu. Kesehatan itu mutlak, akademik dan lain-lain,” jelasnya seraya menambahkan, pembukaan seleksi bagi lulusan SMA akan dimulai April 2014 mendatang. (usy)


PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) akan menyiapkan tenaga ahli kereta api sebagai respons terhadap dibangunnya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News