Muncul Bukti Baru Orang Aborigin Pernah Bermukim dan Memiliki Keluarga di Makassar

Muncul Bukti Baru Orang Aborigin Pernah Bermukim dan Memiliki Keluarga di Makassar
Ratu Elizabeth disambut oleh penari Aborigin di Perth, selama perjalanan terakhirnya ke Australia pada tahun 2011. (AAP: Sharon Smith)

Kisah ini terdengar seperti adegan film.

Seorang wanita muda menghilang dari pantai terpencil di Australia Utara, dan di kemudian hari diketemukan sudah menetap di negara lain, menikah dan memiliki anak.

Tapi itulah yang terjadi pada keluarga Don Wininba Ganambarr.

Kini, hubungan genetik Don dan sejarah lisan keluarganya membantu memetakan migrasi Penduduk Asli Australia di Asia Tenggara sebelum orang Inggris tiba di Australia.

"Menurut saya kisah ini menceritakan sejarah Australia," ujar Profesor Lynette Russell, dari Global Encounters & First Nations Peoples, Monash University.

"Selama ini ada anggapan bahwa orang Aborigin terisolasi, namun faktanya mereka ini juga pelancong internasional," katanya kepada ABC News.

Foto-foto misterius

Keberadaan komunitas Aborigin yang tinggal di Indonesia pada tahun 1700-an dan 1800-an terungkap dengan ditemukannya foto-foto pemuda yang diambil di sebuah studio foto di Makassar pada tahun 1873.

Kelompok ini diyakini sebagai bagian dari sejumlah besar orang Aborigini yang melakukan perjalanan dari Australia ke Indonesia bersama para pelaut Makassar.

Bukti baru kini muncul dari keluarga salah satu warga Aborigin yang pernah tinggal di Makassar, Indonesia

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News