Mutiara Hotel Manokwari, Tempat Presiden Menginap Itu Tinggal Kenangan

Dua Guncangan Sirnakan Bisnis Keluarga 20 Tahun

Mutiara Hotel Manokwari, Tempat Presiden Menginap Itu Tinggal Kenangan
Foto : Laode Mursidin/Radar Sorong/JPNN
Gempa dahsyat yang mengguncang Kota Manokwari, Provinsi Papua Barat, tidak hanya membawa korban jiwa, tapi juga meluluhlantakkan ratusan bangunan. Salah satu di antaranya, Mutiara Hotel, hotel kebanggaan warga yang kini nyaris rata dengan tanah.

Laporan EDWAN, Monokwari

  

BANGUNAN Mutiara Hotel sudah tak berbentuk lagi. Kolom-kolom beton penyangganya putus dihantam gempa berkekuatan 7,6 skala Richter pada Minggu lalu (4/1). Akibatnya, hotel bertingkat tiga itu pun ambruk. Setelah dua hari dijaga aparat TNI dan dipasang garis polisi, kemarin reruntuhan hotel itu ditutup dengan lembaran seng.

Bagi masyarakat Manokwari, ibu kota Provinsi Papua Barat, Mutiara Hotel adalah bagian dari sejarah kota. Maklum, pada era 1990-an hingga awal 2000-an, Mutiara adalah hotel berbintang termegah di kota berpenduduk  sekitar 150 ribu jiwa itu. Di tempat itulah, Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri pernah merasakan nyamannya istirahat di kamar hotel yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso, Manokwari, itu.

Gempa dahsyat yang mengguncang Kota Manokwari, Provinsi Papua Barat, tidak hanya membawa korban jiwa, tapi juga meluluhlantakkan ratusan bangunan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News