Muzani Soroti Kemampuan DPD Serap Aspirasi

Muzani Soroti Kemampuan DPD Serap Aspirasi
Anggota MPR dari Fraksi Partai Gerindra, Ahmad Muzani. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Fraksi Partai Gerindra MPR RI, Ahmad Muzani menyoroti masih minimnya  peran Dewan Perwakilan Daerah (DPD)  dalam mewakili provinsi masing-masing. Akibatnya  banyak daerah tertinggal yang belum bisa mengejar ketertinggalannya dari daerah lain.

Muzani mengatakan hal itu ketika berbicara pada acara Sosialisasi Empat Pilar MPR di kalangan dosen se-Provinsi Lampung di Bandar Lampung, Sabtu (9/4). “Salah satu tujuan pembentukan DPD adalah untuk membantu percepatan pembangunan di daerah,” katanya.

Muzani mengatakan, kurang minimnya peran DPD dalam mewakili aspirasi daerah bisa disebabkan berbagai faktor. Antara lain banyaknya anggota DPD yang tidak tinggal di daerah asal. Dengan demikian mereka tidak bisa melihat langsung kondisi daerah yang diwakili anggota DPD.

Penyebab lainnya adalah kurangnya kemampuan anggota DPD dalam menangkap aspirasi daerah tentang pelaksanaan pembangunan. Ironisnya, para senator itu biasanya hanya datang pada saat kampanye saja.

"Padahal dulu anggota DPD itu harus orang dari daerah yang diwakilinya. Bahkan dulu anggota DPD juga tidak boleh diisi oleh orang yang berasal dari partai politik agar menghindari persinggungan kepentingan," kata politikus Gerindra asal Lampung itu.

Namun, lanjutnya, Mahkamah Konstitusi (MK) ternyata membatalkan larangan tentang anggota partai politik maju sebagai calon anggota DPD.

Akibatnya banyak anggota DPD justru tidak berasal dari daerah yang diwakilinya. Malah ada juga anggota DPD yang masih merupakan anggota parpol.(adv/ara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News