Nadiem Makarim Menetapkan Mei jadi Bulan Merdeka Belajar, Wow

Nadiem Makarim Menetapkan Mei jadi Bulan Merdeka Belajar, Wow
Mendikbudristek Nadiem Makarim didampingi Dirjen PAUD Dikdasmen Iwan Syahril (kiri) di sela-sela puncak Hardiknas 2023. Foto dok. Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menetapkan Mei sebagai Bulan Merdeka Belajar.

Mengusung tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”, pemerintah bersama lapisan masyarakat merayakan peringatan Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas 2023 selama satu bulan penuh dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan secara nasional.

“Layaknya perjuangan Ki Hadjar Dewantara yang terus kita lanjutkan, maka malam ini saya mengukuhkan bulan Mei sebagai Bulan Merdeka Belajar yang senantiasa dirayakan dengan semangat memerdekakan pendidikan Indonesia,” ujar Nadiem Makarim pada malam puncak Hardiknas 2023, di Komplek Candi Prambanan, Yogyakarta, Senin (29/5).

Semangat luar biasa untuk memeriahkan Hardiknas dalam satu bulan ini, kata Nadiem, membuktikan bahwa pemerintah dan lapisan masyarakat sudah siap meneruskan cita-cita Ki Hadjar Dewantara, yaitu melanjutkan gerakan Merdeka Belajar dan membawa Indonesia melompat ke masa depan.  

Pada kesempatan tersebut, Nadiem mengucapkan terima kasih kepada para siswa, mahasiswa, guru dan dosen, pemerintah daerah dan mitra, beserta seluruh jajaran Kemendikbudristek mulai dari unit utama sampai UPT Dinas.

Kemeriahan peringatan Hardiknas tahun ini, kata Menteri Nadiem, merupakan bukti atas capaian pemerintah dalam membawa perubahan yang mendorong transformasi dan kemajuan pendidikan melalui gerakan Merdeka Belajar. 

“Berkat semangat gotong royong yang telah mendarah daging dalam tubuh kita sebagai manusia Indonesia, banyak sekali capaian yang berhasil dicapai dalam waktu cukup singkat,” ucapnya.

Saat ini, tambah Nadiem, peserta didik di lebih dari 350 ribu sekolah telah menikmati proses pembelajaran yang menyenangkan dengan implementasi Kurikulum Merdeka. 

Mendikbudristek Nadiem Makarim menetapkan Mei jadi Bulan Merdeka Belajar. Apakah alasannya, simak pernyataan Menteri Nadiem Makarim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News