Nadiem Makarim Tambah Plafon KIP Kuliah Plus Biaya Hidup, Bisa Pilih Kampus Favorit

Nadiem Makarim Tambah Plafon KIP Kuliah Plus Biaya Hidup, Bisa Pilih Kampus Favorit
Mendikbudristek Nadiem Makarim bersama mahasiswa penerima KIP kuliah merdeka 2021. Foto Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Mendikbudristek Nadiem Makarim mengungkapkan adanya perubahan pada program KIP kuliah pada tahun ini.

Perubahan itu berupa peningkatan besaran uang kuliah atau biaya pendidikan hingga mencapai Rp 12 juta per semester untuk program studi dengan akreditasi A.

Kemudian, peningkatan biaya hidup yang disesuaikan dengan indeks harga.

Dengan KIP Kuliah Merdeka, calon mahasiswa berprestasi dari keluarga tidak mampu menjadi lebih percaya diri untuk memilih prodi unggulan di perguruan tinggi terbaik, di mana lun lokasinya di Indonesia.

Nadiem mengatakan para orang tua juga dapat mendorong anaknya melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi dengan dukungan pendanaan dari negara.

“Dengan peningkatan ini, KIP Kuliah memerdekakan calon mahasiswa untuk meraih mimpinya,” kata Nadiem saat penyerahan KIP kuliah merdeka di Institut Pertanian Bogor (IPB), Jumat (10/12).

Menteri Nadiem mengucapkan selamat kepada penerima KIP kuliah 2021. Kesempatan masih terbuka lebar untuk para calon mahasiswa di seluruh Indonesia.

"Bagi calon mahasiswa yang kurang mampu tetapi memiliki ambisi besar, manfaatkanlah program KIP kuliah merdeka untuk meraih masa depan,” ucap Nadiem Makarim.

Mendikbudristek Nadiem Makarim menambah plafon KIP kuliah plus biaya hidup bagi mahasiswa dan mereka bisa memilih kampus favorit terakreditasi A

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News