Nagara Rimba Nusa Juara Desain Ibu Kota Negara, Urban+ Dapat Rp 2 Miliar

Nagara Rimba Nusa Juara Desain Ibu Kota Negara, Urban+ Dapat Rp 2 Miliar
Penetapan juara sayembara desain kawasan ibu kota negara. Foto: Twitter@KemenPU

jpnn.com, JAKARTA - Nagara Rimba Nusa yang dibuat Urban+ terpilih menjadi juara sayembara desain kawasan ibu kota negara.

Urban+ merupakan perusahaan yang didirikan Sibarani Sofian. Mereka pun berhak menerima piagam penghargaan dan hadiah sebesar Rp 2 miliar.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengaku bangga kepada para peserta yang sudah berperan serta aktif dalam gagasan desain ibu kota baru. "Ini baru awal sejarah," kata pria jebolan UGM itu di Auditorium Kementerian PUPR, Senin (23/12).

"Kita akan memulai suatu pekerjaan yang besar, yaitu memindahkan Ibu Kota Negara (IKN),” kata Basuki dalam sambutannya saat pengumuman pemenang sayambara.

Mengutip pesan Presiden Jokowi, Basuki mengatakan bahwa gagasan yang dilahirkan tidak hanya baik, tetapi juga harus memberikan diferensiasi dengan negara-negara lain di dunia.

Basuki juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang sudah ikut berpartisipasi dalam sayembara ini. "Seluruhnya, ada 755 peserta yang mengikuti kompetisi termasuk kepada peserta yang bukan terpilih. Kami mohon maaf kepada yang tidak terpilih dan hal-hal lain yang sekiranya kurang memuaskan dan menyenangkan. Namun, keputusan juri tidak bisa diganggu gugat," kata Basuki.

Direktur Jenderal Cipta Karya, Danis H Sumadilaga yang uga selaku Ketua Tim Pelaksana Sayembara IKN menjelaskan, sayembara gagasan IKN diikuti 755 peserta dari hampir seluruh provinsi di Indonesia ikut, termasuk dari luar negeri. Sampai batas akhir 29 November 2019, ada 292 peserta yang memasukkan desain ibu kota negara yang cerdas, hijau, indah, modern dan berkelanjutan.

“Sebanyak 257 karya dari 292 dinyatakan lulus evaluasi administrasi. Selanjutnya, pada tahap penjurian 9 sampai 13 Desember dipilih 30 karya melalui mekanisme voting dan tahap akhir dipilih lima karya terbaik melalui sistem scoring berdasarkan kriteria penilaian yang telah ditetapkan," ucapnya.

Sibarani Sofian dari Urban+ menjelaskan bahwa Nagara Nusa Rimba terinspirasi dari hutan Kalimantan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News