Nama Susi Muncul Dalam Survei Kandidat Jabar, Hasilnya?

Nama Susi Muncul Dalam Survei Kandidat Jabar, Hasilnya?
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Susi Pudjiastuti disebut-sebut sebagai salah seorang kandidat Gubernur Jawa Barat pada Pilkada 2018. Namanya muncul dalam survei yang dilakukan Poltracking Indonesia pada 10-15 November lalu, Dari pertanyaan terbuka yang diajukan, nama Menteri Kelautan dan Perikanan tersebut menempati urutan ke delapan sebagai calon gubernur yang diinginkan responden.

“Ada sekitar 0,2 persen yang memilih Susi saat kami menanyakan siapa yang akan dipilih responden jika Pemilihan Gubernur Jawa Barat digelar saat ini,” ujar Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda saat merilis survei 'Peta Elektabilitas Kandidat Gubernur dan Preferensi Pemilih Pikada Jabar 2018 di Jakarta, Selasa (5/12).

Nama Susi berada di bawah Ridwan Kamil (24,2 persen), Deddy Mizwar (7,1 persen), Dedi Mulyadi (4,3 persen), Dede Yusuf (1,4 persen), Uu Ruzhanul Ulum (1,3 persen), Abdullah Gymnastiar (1 persen) dan Desy Ratnasari (0,3 persen).

“Kami kemudian melakukan simulasi nama lima kandidat. Hasilnya, nama Susi berada di urutan ke lima (1,5 persen). Di atasnya terdapat Ridwan Kamil (43,7 persen), Deddy Mizwar (22,7 persen), Dedi Mulyadi (10,1 persen) dan Dede Yusuf (9,7 persen),” ucapnya.

Dari simulasi empat nama, Susi diketahui juga kembali menempati urutan paling bawah (2,8 persen). Di atasnya terdapat Ridwan Kamil (45,4 persen), Deddy Mizwar (26,6 persen) dan Dedi Mulyadi (10,7 persen).

Survei dilaksanakan pada 10-15 November lalu dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Jumlah sampel 1200 responden dengan margin of error lebih kurang 2,8 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. Survei menjangkau 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat secara proporsional.(gir/jpnn)


Kami kemudian melakukan simulasi nama lima kandidat. Hasilnya, nama Susi berada di urutan kelima, di atasnya terdapat Ridwan Kamil.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News