Nana Sudjana Ingatkan Pemda se-Jateng Antisipasi Lonjakan Inflasi Menjelang Nataru

Nana Sudjana Ingatkan Pemda se-Jateng Antisipasi Lonjakan Inflasi Menjelang Nataru
Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana saat rapat koordinasi menyambut Nataru di Semarang, Selasa (5/12). Foto: Pemprov Jateng

jpnn.com, SEMARANG - Pj Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Nana Sudjana mengingatkan kepada pemerintah daerah di provinsi itu untuk mengantisipasi lonjakan inflasi menjelang natal dan tahun baru (Nataru).

Pesan itu disampaikan Nana saat Rakor Forkopimda bertema 'Menjaga Kondusifitas dan Pengendalian Inflasi Wilayah Jawa Tengah Menjelang Perayaan Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024' digelar Pemprov Jateng di Gedung Gradhika Bhakti Praja Semarang, Selasa (5/12).

"Menjelang Nataru ini, (harga) barang-barang biasanya naik, saya minta dijaga betul," kata Nana dikutip dari siaran pers.

Adapun inflasi di Jateng secara year on year (yoy) pada November ini berada di angka 3,16 persen, sehingga perlu diwaspadai.

Oleh karena itu, Nana yang pernah menjabat Kapolda Sulsel meminta para bupati dan wali kota di Jateng untuk memberi perhatian serius pada kemungkinan terjadinya lonjakan inflasi.

Dia menginstruksikan agar pemda gencar melakukan sidak di pasar-pasar agar diketahui kondisi pasokan sembako, keamanan pangan, dan fluktuasi harganya.

"Saya minta jangan sampai ada penimbunan-penimbunan terhadap sembilan bahan pokok," ucap Pj Gubernur Jateng itu.

Selain itu, BUMN maupun BUMD yang bertanggung jawab atas ketersediaan pasokan pangan juga diminta memastikan kecukupannya. Termasuk pasokan elpiji dan BBM dari Pertamina juga harus dipastikan ketersediaannya.

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana mengingatkan bupati dan wali kota mengantisipasi lonjakan inflasi menjelang Nataru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News