Selasa, 16 Januari 2018 – 18:50 WIB

Nasir Dorong Seluruh PT Terapkan Pendidikan Bela Negara

Senin, 08 Januari 2018 – 18:05 WIB
Nasir Dorong Seluruh PT Terapkan Pendidikan Bela Negara - JPNN.COM

jpnn.com, TASIKMALAYA - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mendorong pelaksanaan Pendidikan Bela Negara di seluruh perguruan tinggi (PT). Ini dalam rangka meningkatkan rasa cinta tanah air di kalangan pemuda.

"Saya minta seluruh mahasiswa harus membela dan memertahankan negara kesatuan di bawah Pancasila serta UUD 1945. Ini untuk menghalau gerakan radikalisme," kata Menteri Nasir saat membuka Pendidikan Bela Negara (PBN) Angkatan 32 di Universitas Siliwangi (Unsil), Tasikmalaya, Jabar, Senin (8/1).

Dia mengungkapkan, hakikat bela negara yang sesungguhnya adalah semangat untuk membangun bangsa dan negara demi kemajuan, kesejahteraan, dan keadilan, menuju masyarakat madani serta bermartabat.

Nasir menyadari budaya global membuat batas-batas antarbangsa menjadi kabur. PBN diharapkan mampu meminimalisir pergeseran ideologi, ekonomi, sosial, budaya, bahkan pertahanan dan keamanan.

"Indonesia sebagai bangsa yang pluralis, harus bisa memanfaatkan segala potensi untuk mempertahankan keutuhan bangsa dan membuat bangsanya semakin kompetitif, mandiri, serta sejahtera," bebernya.

Mahasiswa sebagai kader bela negara, diharapkan menjadi agen perubahan yang kompeten, nasionalis, memiliki kepedulian sosial, dan inovatif.

"Inovasi menjadi sangat penting sebagai amunisi dalam menghadapi tantangan masa depan," tutupnya. (esy/jpnn)

SHARES
loading...
loading...
Komentar