Negara yang Mampu Tangani COVID-19 Memiliki Pemimpin yang Dipercaya Rakyatnya

Negara yang Mampu Tangani COVID-19 Memiliki Pemimpin yang Dipercaya Rakyatnya
Meskipun masih tergolong negara berkembang, namun Vietnam dinilai berhasil menangani COVID-19 sebagai yang terbaik kedua setelah Selandia Baru. (AP: Hau Dinh)

Meskipun tergolong sebagai negara berkembang, Vietnam berhasil menempati urutan kedua terbaik di dunia dalam penanganan COVID-19.

  • Penanganan COVID-19 yang dilakukan di berbagai negara diperbandingkan oleh Lowy Institute, lembaga peneliti di Australia
  • Australia bukanlah yang terbaik dan hanya menempati urutan kedelapan jauh di bawah Vietnam
  • Perbandingan cara penanganan COVID-19 tidak menemukan perbedaan mendasar antara negara maju dan negara berkembang

 

Laporan terbaru yang dikeluarkan lembaga Lowy Institute asal Australia menempatkan Selandia Baru di posisi pertama, sementara Australia sendiri di urutan kedelapan.

Perbandingan cara penanganan pandemi COVID-19 dilakukan terhadap 100 negara dengan menilai bagaiman masing-masing negara menanggapi pandemi.

Indikator yang digunakan termasuk jumlah kasus positif COVID-19 di setiap negara, jumlah kematian yang dikonfirmasi serta jumlah tes yang dilakukan.

Indonesia berada di posisi ke 85, tidak berbeda jauh dengan India yang berada di posis ke 86.

Negara Asia Tenggara lainnya yang berada di urutan atas yaitu Thailand yang menempati posisi keempat dan Srilanka di urutan ke-10.

 

Meskipun tergolong sebagai negara berkembang, Vietnam berhasil menempati urutan kedua terbaik di dunia dalam penanganan COVID-19

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News