Negatif Corona, WNI di Kapal Pesiar MS Westerdam Ogah Pulang

Negatif Corona, WNI di Kapal Pesiar MS Westerdam Ogah Pulang
Tenaga medis di rumah sakit di Wuhan, China yang memakai perlengkapan khusus saat melayani pasien virus corona. Foto: AFP

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 334 warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai kru kapal pesiar MS Westerdam yang sedang berlabuh di Kamboja, memilih melanjutkan pelayaran setelah dinyatakan negatif terinfeksi virus corona atau COVID-19.

"Kementerian Kesehatan Kamboja menyampaikan bahwa hasil pemeriksaan ulang tidak ditemukan ada penumpang dan awak kapal Westerdam yang positif COVID-19," kata Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha melalui pesan singkat, Jumat (21/2).

Kapal tersebut direncanakan melanjutkan pelayarannya menuju Filipina pada 22 Februari 2020. "Info yang kami terima, para kru WNI memilih untuk tetap bekerja dan melanjutkan pelayaran bersama Westerdam," ujar Judha.

Pemeriksaan ulang terhadap kru kapal MS Westerdam dilakukan setelah seorang penumpang kapal tersebut dilaporkan terinfeksi virus corona.

Dari 362 WNI yang tercatat sebagai kru kapal tersebut, sebagian diantaranya telah menyelesaikan kontrak kerja dan memilih pulang ke Tanah Air.

Kementerian Kesehatan Kamboja telah mengkonfirmasi bahwa 747 awak di kapal MS Westerdam telah diuji negatif untuk COVID-19.

Kapal MS Westerdam sempat ditolak oleh lima negara karena kekhawatiran terhadap virus corona, sebelum akhirnya diperbolehkan masuk ke Kamboja.

Pada 13 Februari pagi, Kementerian Kesehatan Kamboja menyatakan tidak ada satu pun penumpang kapal tersebut yang membawa virus COVID-19 setelah mengumpulkan sampel dari para penumpang dengan gejala sakit atau mirip flu.

WNI yang bekerja sebagai kru kapal pesiar MS Westerdam yang sedang berlabuh di Kamboja, memilih melanjutkan pelayaran setelah dinyatakan negatif terinfeksi virus corona

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News