Netralitas Pemda Jadi Tantangan Utama Pilkada

Netralitas Pemda Jadi Tantangan Utama Pilkada
Kapolri Jenderal Tito Karnavian

jpnn.com - jpnn.com - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan, ada sejumlah hal yang penting untuk dipastikan jelang pelaksanaan pemungutan suara pemilihan kepala daerah (pilkada) 2017 yang digelar serentak di 101 daerah pada 15 Februari mendatang. Hal yang utama adalah netralitas penyelenggara pilkada dan birokrasi dari pusat hingga daerah.

Tito mengatakan hal itu saat memberi arahan pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pilkada Serentak 2017 yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (31/1). Menurut dia, tantangan utama dalam penyelenggaraan pilkada memang netralitas.

"Netralitas pemda penting, karena kalau di pemda ada kader partai politik, ‎kepentingan politik pasti akan muncul. Ini tantangan, bagaimana bisa meyakinkan kepala daerah betul-betul netral," ujarnya.

Selain itu, Tito juga mengingatkan pentingnya sinergitas di antara aparat penegak hukum termasuk Polri dan TNI. Tujuannya adalah mengawasi pelaksanaan pilkada dan potensi gejolak di masyarakat.

"Aparat penegak hukum dan pemantau pilkada harus tegas menyikapi semua laporan. Kemudian keterlibatan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, juga menjadi hal yang perlu diperhatikan agar partisipasi pemilih tinggi," ucap Tito.

Selain itu, mantan Kapolda Metro Jaya itu juga melihat peran penting media dalam pelaksanaan pilkada. Karenanya Tito mengharapkan media bisa memberi informasi yang benar-benar akurat dan tidak membuat suasana memanas.

“Karena ini masalah bangsa. Konflik sosial antarmasyarakat, apalagi dipicu masalah SARA (suku, agama, ras dan antargolongan, red), cepat sekali melumpuhkan sendi-sendi pemerintahan," pungkasnya.(gir/jpnn)


Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan, ada sejumlah hal yang penting untuk dipastikan jelang pelaksanaan pemungutan suara pemilihan kepala


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News