Nihil Kasus Aktif Covid-19, Kabupaten Ini Tetap Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Nihil Kasus Aktif Covid-19, Kabupaten Ini Tetap Terapkan Protokol Kesehatan Ketat
Bupati Sitaro Evangelian Sasingen dalam diskusi oleh Satgas Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta pada Kamis (15/10). Foto: ANTARA/Prisca Triferna

jpnn.com, JAKARTA - Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) di Sulawesi Utara menjadi contoh dalam penanganan pandemi Covid-19.

Pasalnya, kawasan tersebut tidak mencatatkan kasus aktif Covid-19 atau nihil.

Bupati Sitaro Evangelian Sasingen mengatakan, dengan adanya nihil kasus aktif bukan berarti masyarakat bisa seenaknya saja tanpa memperhatikan protokol kesehatan.

“Jadi, meski kasusnya nihil, masyarakat tetap harus patuh protokol kesehatan, tidak bisa lalai semua dalam aktivitas keseharian harus protokol kesehatan,” ujar dia dalam diskusi oleh Satgas Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta pada Kamis (15/10).

Menurut Evangelian, penerapan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak atau 3M wajib dilaksanakan di tempat-tempat ramai.

“Memang kebanyakan aktivitas masyarakat bertani dan nelayan, tetapi 3M juga tetap dijalankan,” terang dia.

Evangelian menambahkan, masyarakat diminta tetap melaksanakan 3M terutama memakai masker saat berada di luar rumah atau ketika berada di dalam rumah ketika kondisi tubuh sedang tidak baik.

Diketahui, saat ini Kabupaten Sitaro tidak memiliki kasus aktif Covid-19.

Kabupaten Sitaro menjadi wilayah yang tidak mencatatkan kasus aktif Covid-19 atau nihil, tetapi masyarakat di wilayah tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News