Nilai Rata-rata UN Meningkat

Nilai Rata-rata UN Meningkat
Nilai Rata-rata UN Meningkat

jpnn.com - JAKARTA—Mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia semakin menunjukkan grafis peningkatan. Ini dapat dilihat dari capaian nilai rata-rata ujian nasional (UN) tingkat menengah yang dari tahun ke tahun selalu meningkat.

Mendiknas Bambang Sudibyo mengungkapkan, sejak tahun ajaran (TA) 2004, nilai rata-rata UN yang bertengger di angka 6, tahun ini bisa mencapai 7. "Ini berarti daya serap siswa dalam menerima mata pelajaran semakin tinggi, sehingga tahun ini bisa berkisar di angka 7," kata Bambang dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR RI, Senin (16/6).

Secara gamblang Bambang menyodorkan data peningkatan UN menengah periode 2004-2008. Di mana pada 20084 nilai rata-rata UN SMA/SMK 6,5, MA 6,08, tahun 2005 naik menjadi 7,0 (SMA/SMK) dan 6,8 (MA). TA 2006/2007 nilai rata-rata SMA/SMK naik lagi ke 7,16, MA 6,9. Dan khusus tahun ini SMA/SMK nilai rata-ratanya 7,2, MA 7,10.

Untuk SMP, nilai rata-rata pada 2004 mencapai 6,5, kemudian naik menjadi 7,15 pada 2005, TA 2006/20007 turun ke angka 7,0. Sedangkan TA 2008, masih menunggu hasilnya.

Capaian angka rata-rata UN menengah ini menurut Mendiknas, menunjukkan mutu pendidikan Indonesia yang semakin baik. Padahal tahun ini jumlah mata pelajaran yang diujiankan bertambah.

"Kalau dipikir-pikir dengan bertambahnya mata pelajaran IPA, IPS berarti tingkat kesulitan juga meningkat. Tapi siswa-siswa kita mampu mencetak angka yang cukup bagus," tukasnya.

Mendiknas mengakui untuk tahun ini ada peningkatan angka ketidaklulusan siswa. Namun menurutnya, Depdiknas tidak menargetkan peningkatan prosentase kelulusan tapi lebih ke nilai.

"Sekarang ini Depdiknas lebih menyorot ke nilai dan angka diraih dengan cara bermartabat. Jadi yang kita kejar bukan kuantitas tapi kualitas," ujar Bambang menjawab pertanyaan salah satu anggota dewan.

JAKARTA—Mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia semakin menunjukkan grafis peningkatan. Ini dapat dilihat dari capaian nilai rata-rata ujian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News