NISN Ganda, Siswa MA Kesulitan Registrasi Akun LTMPT 

NISN Ganda, Siswa MA Kesulitan Registrasi Akun LTMPT 
siswa Madrasah Aliyah Negeri. ILUSTRASI. Foto: JPG/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ratusan siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Manado kesulitan melakukan registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Pasalnya, nomor induk siswa nasional (NISN) belum terdata di data base Kementerian Agama (Kemenag) sehingga tidak masuk di sync LTMPT. 

Ada beberapa siswa malah setelah diperiksa, NISN-nya sudah dipakai oleh lebih dari satu siswa. Hal ini membuat para siswa waswas karena tidak bisa registrasi sementara pendaftaran gelombang pertama ditutup 1 Februari 2021 pukul 15.00 WIB.

"Belum bisa daftar karena NISN tidak cocok. Sudah sepekan ini dicoba tetapi tetap gagal," kata salah satu siswa kepada JPNN.com, Minggu (24/1).

Siswa berprestasi di sekolahnya ini sangat berkeinginan ikut seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Masalah ini juga sudah disampaikan ke pihak sekolah dan dijanjikan akan diselesaikan Senin (25/1).

Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nizam yang dihubungi menyesalkan bila masalah NSN masih terjadi. Menurut dia, update NISN harus dari satuan pendidikan (sekolah, red). LTMPT hanya menggunakan data yang sudah masuk.

"Jadi kalau ada yang belum masuk ya harus segera dimasukkan oleh sekolah. Jangan sampai siswa jadi korban," tegasnya.

Dia pun mengimbau para siswa yang masih terkendala dengan registrasi akun LTMPT untuk tetap tenang. Mungkin datanya baru diajukan dari Kanwil Kemenag karena proses sync data perlu waktu

"Kalau data dari Kemenag sudah benar pastinya muncul di LTMPT," ujarnya. 

Ratusan siswa MA tidak bisa mendaftar akun LTMPT karena NISN ganda serta Belum terdaftar di data base kemenag

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News