No Baper-Baper Club: Anak Muda dan Politik Gembira Ala PSI

Oleh: Muhamad Mil Aska

No Baper-Baper Club: Anak Muda dan Politik Gembira Ala PSI
Anggota Bidang Kemillenialan di Penggerak Pemuda Kenjeran Muhamad Mil Aska Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com - Politik Indonesia telah lama dikenal cukup alot dan penuh intrik. Ada masalah seperti politik uang, nepotisme, dan berbagai praktik tidak etis yang masih melingkupi dunia politik di negara ini.

Namun, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mencoba untuk mengurai stigma buruk tersebut dengan melakukan pendekatan politik yang berbeda.

PSI memberikan ruang luas bagi anak muda untuk berpartisipasi dalam proses politik dan membangun politik gembira yang menggugah semangat.

PSI memperjuangkan penglibatan yang lebih luas bagi anak muda dalam proses politik dengan meminta peningkatan jumlah menteri muda dan senator muda di Dewan Rakyat dan Dewan Negara.

Kaesang Pangarep, ketua umum baru PSI, menekankan pentingnya memberikan ruang kepada anak muda untuk bersuara dan menyampaikan ide-ide mereka dalam masalah politik tanpa harus membawa efek segregasi.

“Kami ingin berpolitik secara gembira, tanpa ada mencela dan merendahkan orang lain,” papar Kaesang.

Potongan pesan Kaesang tersebut menjadi salah satu pesan kepada anak muda bahwa dengan berpolitik tidak mengharuskan adanya upaya saling menjatuhkan antara satu pihak dengan pihak yang lain.

Kaesang dan juga PSI ingin melibatkan generasi muda yang memiliki pemahaman yang mendalam tentang politik agar tidak berlebihan dalam berpolitik. Ia ingin menciptakan perubahan positif yang lebih cepat dan efektif dalam politik di negara ini.

Cara berpolitik PSI tersebut setidaknya telah menjadi bagian bukti bahwa partai ini tampil sebagai kekuatan politik yang inovatif dan menginspirasi anak muda

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News