JPNN.com

NTP dan NTUP Terus Meningkat, Kementan Beri Apresiasi Buat Petani

Senin, 02 November 2020 – 17:08 WIB
NTP dan NTUP Terus Meningkat, Kementan Beri Apresiasi Buat Petani - JPNN.com
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memantau jalannya panen raya padi di Kecamatan 2x11 Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan Nilai Tukar Petani (NTP) pada bulan Oktober 2020, tumbuh sebesar 102,25 atau naik 0,58 persen dibandingkan bulan sebelumnya yang hanya sebesar 101,66.

Peningkatan NTP ini terjadi karena Indeks Harga yang Diterima Petani (It) naik sebesar 0,81 persen. Jumlah tersebut bahkan lebih tinggi dari kenaikan indeks harga yang dibayar petani (Ib) sebesar 0,23 persen.

Masih berdasarkan data BPS, kenaikan NTP bahkan terjadi hampir di seluruh daerah. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung misalnya, mengalami kenaikan tertinggi, yakni sebesar 2,49 persen meskipun di Provinsi Banten mengalami penurunan sebesar 1,13 persen.

Adapun kenaikan NTP nasional pada periode Januari-Oktober 2020 mencapai 101,36 dengan nilai It sebesar 107,02. Sedangkan Ib sebesar 105,58.

Selain NTP, kenaikan juga terjadi pada Nilai Tukar Usaha Pertanian (NTUP) sebesar 102,42 atau naik sebesar 0,66 persen. Kenaikan terjadi karena indek harga yang dibayar petani juga naik sebesar 0,24 persen.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian (Kementan) Kuntoro Boga Andri mengatakan kenaikan NTP dan NTUP merupakan hasil kerja keras para petani di seluruh Indonesia.

Kinerja positif itu juga karena adanya dukungan dari pemda dan semua pelaku usaha sektor pertanian.

"Ini adalah capaian yang sangat membanggakan karena dari bulan Mei NTP terus melesat. Capaian ini juga tak lepas dari kerja keras para petani sebagai ujung tombak pertanian Indonesia," kata Kuntoro, Senin (2/10).

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...