Obama Butuh 27 Electoral Votes Lagi

Romney Masih Berpeluang Menjegal

Obama Butuh 27 Electoral Votes Lagi
Obama Butuh 27 Electoral Votes Lagi
WASHINGTON - Hanya 27 electoral votes yang memisahkan Barack Obama dari masa jabatan kepresidenan Amerika Serikat yang kedua. Tapi, rivalnya, Mitt Romney, masih memiliki peluang menjegal asalkan dari sembilan battleground states (negara-negara bagian yang masih diperebutkan kedua kandidat, Red), calon presiden Partai Republik tersebut mampu memenangi lebih banyak negara bagian di sisa waktu menuju hari pemilihan besok.

Jumlah 27 electoral votes itu muncul karena hingga kemarin, lewat beragam jajak pendapat, berbagai media utama di AS memperkirakan Obama sudah mengantongi 243 electoral votes. Padahal, untuk memenangi pemilihan presiden (pilpres) AS hanya dibutuhkan minimal 270 dari total 538 electoral votes.

Ada dua jenis vote dalam pilpres AS: popular dan electoral. Kandidat pengumpul popular vote terbanyak belum tentu keluar sebagai pemenang. Sebab, yang dihitung adalah electoral vote.

Setiap negara bagian berbeda jumlah electoral vote-nya, berdasar jumlah penduduk. Dan, sistem yang dipakai di tiap state adalah the winner takes all. Artinya, peraih popular vote terbanyak di suatu negara bagian berhak merebut semua electoral vote di negara bagian tersebut.

WASHINGTON - Hanya 27 electoral votes yang memisahkan Barack Obama dari masa jabatan kepresidenan Amerika Serikat yang kedua. Tapi, rivalnya, Mitt

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News