OCA Salah Data soal Perolehan Medali Asian Games 1962

OCA Salah Data soal Perolehan Medali Asian Games 1962
Data perolehan medali Asian Games 1962 di situs resmi OCA

jpnn.com - Olympic Council Of Asia (OCA) yang menjadi otoritas penyelenggara Asian Games selama ini memasukkan data yang salah di situs resmi mereka terkait medali pada Asian Games 1962 Jakarta. Apa yang tercantum di situs ocasia.org, situs resmi mereka, perlu diluruskan

Di situs resmi mereka tercantum, Indonesia mendapatkan 21 emas, 26 perak dan 30 medali perunggu. Padahal, dalam literatur buku Asian Games 1962 yang terdapat di museum Asian Games yang dipamerkan di Museum Nasional, Minggu (26/8) tertulis jelas Indonesia meraih 11 emas, 12 perak, dan 28 perunggu.

Karena itu, banyak awak media yang sempat terkecoh dengan data yang tercantum di situs ocasia.org. Dengan raihan saat ini yang sudah 12 emas, Indonesia telah bisa memastikan melebihi perolehan medali di 1962.

Artinya, rekor yang telah bertahan selama 56 tahun, akhirnya terpecahkan oleh kontingen merah putih.

Pada 1962, emas Indonesia disumbangkan di cabor bulu tangkis (lima emas), sepeda (tiga), atletik (dua) dan loncat indah (satu). Kini, di Asian Games 2018, Indonesia sudah mendapat emas dari paragliding (dua), sepeda MTB (dua), dayung (satu), wushu (satu), panjat tebing (satu), angkat besi (satu), tenis (satu), taekwondo (satu), Karate (satu), dan Jetski (satu). (dkk/jpnn)


Olympic Council Of Asia (OCA) yang menjadi otoritas penyelenggara Asian Games selama ini memasukkan data yang salah soal medali Asian Games 1962


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News