Oh Jembatan Mbak Puan, Kondisimu Kini

Oh Jembatan Mbak Puan, Kondisimu Kini
Kondisi jembatan ”Puan Maharani” di Kabupaten Lebak yang baru setahun dibangun kini kembali rusak. Foto: Yasril Chaniago/Indopos

jpnn.com, LEBAK - Jembatan gantung Bojong Apus, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak, Banten, yang baru diresmikan setahun lalu kini kondisinya sudah rusak.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan jembatan tersebut pada Rabu 17 Februari 2016 lalu.

Padahal, jembatan yang diberi nama ”Puan Maharani” oleh warga itu sempat menjadi kebanggaan Presiden Jokowi di twitternya sesaat setelah diresmikan.

Jembatan gantung Bojong Apus merupakan salah satu dari 10 proyek jembatan gantung yang dibangun di Kabupaten Lebak yang didanai APBN 2015.

Kini, jembatan itu tidak bisa dapat dilalui oleh kendaraaan roda empat lantaran oprit jembatan terlihat retak dan tanahnya bergeser.

Padahal, umur jembatan itu baru setahun sejak diresmikan, namun kini kondisi jembatan sangat memprihatinkan.

Pengamatan INDOPOS, kondisi badan jalan menuju jembatan tampak amblas. Sehingga jika dibiarkan dan tidak segera diperbaiki tidak menutup kemungkinan jembatan tersebut akan ambruk jika aliran Sungai Cisimeut meluap.

”Dari awal pembangunan, saya sebagai warga sudah mengingatkan kepada pemborong bahwa tanah di sini labil. Sebab, saya tahu persis ini bekas lokasi galian pasir. Harusnya, pasangan pondasi jembatan menggunakan slup agar kokoh,” terang Sukarni, 42, salah satu warga yang tinggal tidak jauh dari jembatan, Rabu (8/3).

Jembatan gantung Bojong Apus, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak, Banten, yang baru diresmikan setahun lalu kini kondisinya sudah rusak.

Sumber Indopos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News