Oktober Banyak Bencana, Menko Muhadjir Keluarkan Instruksi 

Oktober Banyak Bencana, Menko Muhadjir Keluarkan Instruksi 
Menko Muhadjir memberikan instruksi lantaran banyaknya bencana yang terjadi sejak awal Oktober. Foto Humas Kemenko PMK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengeluarkan instruksi terkait bencana akibat cuaca ekstrem terus terjadi. 

Beberapa hari ini jalur lintas selatan Jawa Timur hingga Bali mengalami banjir besar dan longsor yang menimbulkan banyak kerugian. 

Diperkirakan kondisi ekstrem hidrometrologi ini masih akan berlangsung di hari-hari mendatang. 

"Pemenuhan data lapangan yang tepat dan cepat sangat diperlukan untuk meminimalisasi risiko bencana yang terjadi di Indonesia," kata Menko Muhadjir, Rabu (19/10).

Sebagai penentu pengambilan keputusan terhadap langkah mitigasi bencana, data lapangan tanggap bencana harus terus di-update. Selain itu, koordinasi lintas sektor juga harus berjalan dengan baik. 

"Makin cepat mendapatkan data lapangan yang real dan clear, kian cepat mengambil keputusan dan akan mampu meminimalisir risiko bencana,” ujarnya.

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, kata Menko PMK, bencana yang terjadi harus bisa diatasi dengan baik dan jangan sampai memengaruhi pertumbuhan ekonomi, mengingat saat ini Indonesia sedang dalam proses melawan krisis ekonomi global.

Hal-hal yang berkaitan langsung dengan kebutuhan pokok dan kelancaran transportasi untuk menyuplai bahan perdagangan diharapkan tidak terganggu. 

Menko Muhadjir memberikan instruksi lantaran banyaknya bencana yang terjadi sejak awal Oktober

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News