Olo Panggabean, Tokoh di Belakang Layar

Olo Panggabean, Tokoh di Belakang Layar
TOKOH BELAKANG LAYAR: Sejumlah pejabat dan kerabat termasuk Walikota Medan, Drs. Afifuddin datang melayat ke rumah duka Olo Panggabean diJalan Sekip, Medan, Jumat (1/5). Olo disebut sebagai tokoh yang punya pengaruh di kalangan parpol dan selalu berperan di belakang layar. Foto: Sumut Pos/JPNN
JAKARTA – Selama ini, ada kasak-kusuk di masyarakat bahwa Olo Panggabean merupakan tokoh penting di balik penentuan jabatan-jabatan strategis di kawasan Sumatera Utara (Sumut). Istilahnya, Ketua Dewan Pembina dan sekaligus pendiri Ikatan Pemuda Karya (IPK) itu merupakan tokoh di belakang layar. Politisi Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar (DPP PG) Leo Nababan pun punya penilaian yang sama.

“Perannya selalu di belakang layar, tapi sangat menentukan. Bukan hanya di Partai Golkar, tapi saya kira juga di partai-partai lain,” ujar Leo Nababan saat dimintai komentar atas meninggalnya Olo Panggabean, di Jakarta, Jumat (1/5).

Leo memberikan contoh mengenai peran di belakang layar yang dimainkan Olo. Untuk pimpinan partai politik di Sumut pun, Olo selalu punya andil yang menentukan. “Termasuk mengenai siapa yang menjadi Ketua KNPI. Termasuk Gubernur Sumut saat menjadi Ketua KNPI, harus ada polesan-polesan dari beliau (Olo, red),” ungkapnya, tanpa menjelaskan lebih lanjut pengertian ‘polesan’ yang dimaksud.

Bagi Leo, peran di belakang layar itu dilihat sebagai hal yang positif. “Terlebih, peran yang dilakukan itu tetap mengikuti prosedur. Saya mengikuti pola berpikirnya,” ujar Leo, yang mengaku terkejut mendengar berita meninggalnya Olo, lantaran dia tidak pernah tahu bahwa selama ini Olo sudah menderita sakit.

JAKARTA – Selama ini, ada kasak-kusuk di masyarakat bahwa Olo Panggabean merupakan tokoh penting di balik penentuan jabatan-jabatan strategis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News