Ombudsman Temukan Fasilitas Mewah di Sel Setya Novanto dan Nazaruddin

Ombudsman Temukan Fasilitas Mewah di Sel Setya Novanto dan Nazaruddin
Komisioner Ombudsman RI Adrianus Meliala. Foto: ANTARA/Muhammad Zulfikar

jpnn.com, BANDUNG - Ombudsman RI menemukan berbagai fasilitas di sel yang dihuni Setya Novanto dan Nazaruddin dalam Lapas Sukamiskin.

“Kalau konteks kamar Pak Setya Novanto dan Nazaruddin, tampaknya hanya dinding saja yang berubah. Tempat tidur dan beberapa lemari utama, juga lantai, tampaknya masih dibiarkan,” kata Komisioner Ombudsman Adrianus Meliala di Lapas Sukamiskin, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (20/12).

Sebelumnya sejak kabar mengenai berbagai fasilitas mewah terdapat di sana, Lapas Sukamiskin sudah mengalami sejumlah perombakan. Kamar-kamar di sana sudah mengalami perubahan.

Namun di sel yang dihuni oleh mantan Ketua DPR RI dan mantan politikus Demokrat masih menjadi perhatian. Untuk ukuran kamar lembaga permasyarakatan, kamar milik keduanya masih terbilang cukup mewah.

Dari sisi ukuran kamar pun Setnov, Nazaruddin, dan juga Djoko Susilo mendapat tempat yang lebih luas. Mereka masing-masing menempati sebuah kamar berukuran dua kali lipat dari ukuran pada umumnya.

“Kan kesannya begini, kalau kesan di luar kan bahwa kamar ini ada yang untouchables. Nah ketika itu terjadi, bagaimana pengawasan dari pihak lapas atau pihak inspektur yang mengawasi hari-hari di sini," kata Adrianus.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Barat Liberti Sitinjak mengatakan, proses renovasi Lapas Sukamiskin telah mencapai 97 persen dan hasilnya akan diserahkan tanggal 31 Desember 2019.

Maka dari itu, kata dia, ke depannya tidak ada lagi istilah kepemilikan kamar bagi para narapidana. Menurutnya, pihak Kemenkumham akan kembali melakukan asesmen untuk menentukan penempatan sel para napi.

Ombudsman menemukan tempat tidur dan beberapa lemari utama, juga lantai di sel Setya Novanto dan Nazaruddin dalam Lapas Sukamiskin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News