JPNN.com

Operasi Zebra Jaya 2019: Pengendara Mobil Tidak Punya SIM Melonjak Drastis

Rabu, 06 November 2019 – 22:10 WIB
Operasi Zebra Jaya 2019: Pengendara Mobil Tidak Punya SIM Melonjak Drastis - JPNN.com
Petugas dari kepolisian saat mengatur rekayasa lalu lintas. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Hasil Operasi Zebra Jaya 2019 yang berlangsung selama dua pekan, sejak 23 Oktober lalu, mendapati peningkatan pelanggaran pengendara mobil yang tidak memiliki SIM.

Polda Metro Jaya mencatat, sebanyak 431 perkara pelanggaran lalu lintas oleh pengendara mobil yang tidak membawa atau memiliki SIM. Angka tersebut naik sebanyak 56 persen dibanding tahun lalu.

Sementara itu, pelanggar lalu lintas terbanyak sepanjang operasi berlangsung ialah kendaraan roda dua yang melawan arus.

Dalam laporan Polda Metro Jaya, pada hari ke-13 operasi, yaitu Senin (4/11), pihaknya telah melakukan penindakan tilang sebanyak 7.198 perkara. Sementara itu, teguran yang dilakukan oleh petugas tercatat sebanyak 815 perkara.

Kendaraan roda dua mendominasi dari jumlah keseluruhan penindakan tersebut, yakni 2.759 pelanggaran. Dibandingkan tahun sebelumnya, angka pelanggaran oleh kendaraan roda dua tahun ini menurun hingga 11 persen atau 901 perkara.

Namun, kendaraan roda dua yang melawan arus justru naik 18 persen dibanding tahun 2018, yaitu sebanyak 1.362 perkara. Kemudian diikuti pelanggaran berupa Surat Izin Mengemudi (SIM) sebanyak 960 perkara.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono, mengimbau kepada warga untuk selalu tertib dan mematuhi peraturan lalu lintas dalam berkendara.

Ia juga mengingatkan, kelalaian berkendara bukan saja membahayakan diri sendiri, melainkan juga mengguna jalan lainnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ridha