Oposisi Tak Akan Mampu Menghalangi RUU DKI Baru

Oposisi Tak Akan Mampu Menghalangi RUU DKI Baru
Pimpinan Fraksi PKB MPR Lukman Edy berbicara pada diskusi bertema Menuju Pemilu Serentak 2019 di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (5/4). Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lukman Edy meyakini Rancangan Undang-udang tentang Daerah Khusus Ibu Kota (RUU DKI) yang akan disodorkan pemerintah ke DPR RI bakal mulus pembahasannya.

Hal itu disampaikan politikus yang beken disapa dengan inisial LE, saat ditanya kemungkinan RUU DKI terganjal partai oposisi di DPR RI. "Pasti mulus, karena oposisi tidak signifikan," katanya kepada JPNN.com, Kamis (8/8).

Mantan ketua Pansus RUU Pemilu itu yakin pembahasan RUU tersebut tidak akan sampai deadlock dan berujung voting. "Tidak akan voting karena mayoritas fraksi akan menyetujuinya. Tetapi kalau ada fraksi yang menolak, akan menjadi catatan," jelasnya.

BACA JUGA: Berani Tidak PKS Jadi Oposisi Sendirian?

Mantan menteri Percepatan Daerah Tertinggal (PDT) ini pun mengatakan, pemindahan ibu kota negara adalah sebuah keniscayaan. Cepat atau lambat harus dilaksanakan

"Karena Jakarta semakin lama kalau dibebani sebagai pusat-pusat pemerintahan, perdagangan, pariwisata, pendidikan dan lain lain, maka Jakarta semakin tidak manusiawi," kata LE.

Bila kondisi itu terjadi, tambahnya, maka akan susah menyelesaikan berbagai persoalan kemanusiaan di ibu kota, sehingga tidak nyaman dan tak layak lagi untuk ditinggali.

"Belum lagi, kalau semakin padat, maka Jakarta akan semakin tidak effisien, dan berbiaya tinggi," tandasnya. (fat/jpnn)


Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lukman Edy meyakini Rancangan Undang-udang tentang Daerah Khusus Ibu Kota (RUU DKI) bakal lancar


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News