Optimisme Moeldoko Tanggapi Pesimisme Prabowo

Optimisme Moeldoko Tanggapi Pesimisme Prabowo
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri saat menerima para buruh di Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Kepresidenan RI. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko enggan mengomentari pernyataan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto yang menyebut perekonomian Indonesia tengah melemah. Menurut Moeldoko, pemerintah memilih terus bekerja termasuk memajukan perekonomian melalui sektor pertanian.

"Saya tidak mau beroterika. Saya justru memberikan optimisme. Ingat bahwa 60 persen warga kami ada di pertanian," kata Moeldoko dalam acara penutupan Asian Agriculture and Food Forum (ASAFF) 2018 di Jakarta Convention Centre (JCC), Sabtu (30/6).

Menurut Moeldoko, saat ini yang terpenting adalah meningkatkan pendapatan petani. Upaya untuk itu tidak harus terjebak di wilayah ekonomi makro dan pelemahan nilai rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD).

"Bagi para petani tidak terlalu berpengaruh. Justru kalau hasil pertanian bisa kami ekspor, tentu dampak positif yang kami ambil. Karena produk-produk pertanian kami relatif baik," kata ketua umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) itu.

Mantan Panglima TNI itu menambahkan, sektor pertanian Indonesia mampu bertahan ketika perekonomian makro dan rupiah melemah. Sebab, pupuk dan benihnya dikelola di dalam negeri.

"Sehingga tidak terpengaruh oleh barang-barang impor. Tetapi produknya justru bisa kami ekspor," kata dia.

Moeldoko menambahkan, HKTI bersama Kementerian Pertanian (Kementan) terus berkolaborasi untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Untuk itu dia meminta semua pihak menggelorakan optimisme.

"Saya pikir kondisi tidak seperti itu yang tergambarkan. Mari kita lihat, jalan-jalan ke daerah semua masyarakat merasa optimistis sangat tinggi, jadi tidak seperti yang digambarkan seolah-olah Indonesia itu nyungsep," tegas Moeldoko.

Moeldoko menyatakan bahwa masyarakat di daerah terutama petani justru optimistis dalam menghadapi persoalan ekonomi ketika kurs rupiah melemah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News