Optimistis Divestasi Saham PT Freeport Kelar Akhir Tahun

Optimistis Divestasi Saham PT Freeport Kelar Akhir Tahun
Aktivitas tambang PT Freeport Indonesia. Foto: dok/Radar Timika

jpnn.com, JAKARTA - Dipastikan ada delapan bank asing yang mendanai PT Inalum (Indonesia Asahan Aluminium) untuk pembelian saham divestasi PT Freeport Indonesia (PTFI). Sebelumnya, terdapat sebelas bank yang akan mendanai aksi korporasi itu. Dengan begitu, ada tiga bank yang mundur dalam pendanaan akuisisi tersebut.

Saat ini satu faktor penghambat guna menuntaskan aksi akuisisi itu adalah belum selesainya isu lingkungan yang menerpa Freeport Indonesia. Dengan demikian, Kementerian ESDM belum bisa menerbitkan izin usaha pertambangan khusus (IUPK) permanen kepada Freeport.

Direktur Utama PT Inalum Budi Gunadi Sadikin menyatakan, hal tersebut tidak membuat sejumlah perbankan asing ragu mendanai pembelian divestasi saham PTFI.

Meski demikian, dia mengakui bahwa pencairan dana pinjaman dapat terhambat jika persoalan lingkungan tidak segera diselesaikan, terutama limbah tailing yang dihasilkan dari proses produksi tembaga.

’’Jadi, kalau isu lingkungan tidak selesai, tidak ada pencarian dana, payment tidak jadi,’’ urainya di DPR Rabu (17/10).

Isu lingkungan mencuat ketika Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) merilis hasil penghitungan tenaga ahli dari Institut Pertanian Bogor (IPB) bahwa terdapat kerugian negara Rp 185 triliun akibat kerusakan ekosistem.

Direktur Eksekutif PTFI Tony Wenas menyatakan, laporan BPK tersebut tidak mutlak. Angka itu masih perlu dikonsultasikan dengan Kementerian LHK.

’’Angka tersebut berdasar hitungan IPB dan pembukaan lahan dari satelit Lapan. Jadi, bukan audit yang dilakukan BPK dan itu bukan temuan BPK yang direkomendasikan kepada kami,’’ timpalnya.

PT Inalum (Indonesia Asahan Aluminium) memastikan, ada delapan bank asing yang mendanai PT Inalum divestasi saham PT Freeport Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News