Orang Muda Ganjar Gelar Pelatihan Pertanian Organik Bareng Petani Milenial

Orang Muda Ganjar Gelar Pelatihan Pertanian Organik Bareng Petani Milenial
Orang Muda Ganjar (OMG) Jabar saat menggelar pelatihan pertanian organik bersama petani milenial. Dok sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, BANDUNG - Sukarelawan Orang Muda Ganjar (OMG) Jawa Barat menggelar pelatihan pertanian organik kepada para petani milenial di Perkebunan Gunung Punceling, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung pada Sabtu (18/2).

Pelatihan pertanian itu diikuti puluhan milenial yang merupakan anggota Petani Muda Pacira (Pasirjambu, Ciwidey dan Rancabali). Kebanyakan dari mereka adalah petani muda yang menggarap tanaman stroberi.

Perwakilan Koordinator Wilayah OMG Jawa Barat Diego Rizky mengatakan pelatihan pertanian organik dilakukan untuk mengedukasi petani muda ihwal dunia pertanian hingga penggunaan pupuk organik.

"Tujuannya memang hasil kajian kami bahwa di Kabupaten Bandung pertaniannya belum menggunakan (pupuk) organik, kebanyakan menggunakan obat-obatan dan prosesnya menggunakan bahan kimia," ujar Diego.

Dia menjelaskan para petani di Kabupaten Bandung masih banyak yang menggunakan pupuk berbahan kimia dalam menanam. Hal itu, kata Diego, dinilai kurang efektif lantaran bisa merusak unsur hara yang terkandung di dalam tanah.

Oleh sebab itu, OMG Jawa Barat turun langsung ke perkebunan Pegunungan Puceling yang menjadi salah satu kawasan penghasil stroberi itu untuk memberikan pelatihan ke petani.

Diego mengatakan penggunaan pupuk organik dewasa ini menjadi sangat penting untuk diketahui para petani. Pasalnya, pupuk organik memiliki lebih banyak manfaat, lebih ramah lingkungan dan lebih efektif mengusir hama.

"OMG Jawa Barat untuk memberikan pendidikan dan pelatihan untuk bagaimana cara bertani menggunakan organik, karena dilihat dari manfaatnya organik ini sangat banyak dan juga lebih ramah terhadap lingkungan dan tanah," ujar Diego.

Sukarelawan Orang Muda Ganjar menggelar pelatihan pertanian organik bersama petani milenial yang ada di Jawa Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News