Orang-orang Ini Dulu Tak Percaya Covid-19 itu Ada, Sekarang Dirawat di ICU

Orang-orang Ini Dulu Tak Percaya Covid-19 itu Ada, Sekarang Dirawat di ICU
Gubernur Ganjar Pranowo di Magelang. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, MAGELANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta Pemerintah Kabupaten Magelang tetap siaga mengingat daerah itu merupakan salah satu daerah yang ditemukan kasus Covid-19 baru varian Delta.

Ganjar menekankan agar Pemkab Magelang menyiapkan skenario terburuk jika ada peningkatan.

"Kondisi kedaruratan harus disiapkan, apakah menambah tempat tidur, antisipasi kelangkaan oksigen dengan membentuk satgas oksigen di rumah sakit, nakes dan lainnya," katanya.

Meski begitu, tindakan edukasi dan sosialisasi pada masyarakat juga tak boleh dilupakan. Sebab, kata Ganjar, ternyata, masih ada warga yang tidak percaya Covid-19.

"Tadi ada cerita dari dokter di ICU. Beberapa pasien yang masuk hari ini, tidak percaya covid tetapi buktinya mereka kena dan harus dirawat di ICU. Ditanya sekarang percaya tidak, mereka baru percaya dan ditanya rasanya bagaimana, mereka kompak jawab tidak enak," jelasnya.

Hal itulah yang, menurut Ganjar harus jadi perhatian. Sosialisasi dan edukasi harus terus dilakukan agar penanganan pandemi covid-19 bisa optimal.

Dia juga meminta agar dokter-dokter di RSUD Muntilan meminta pasien yang awalnya tidak percaya Covid kemudian sadar, untuk memberikan edukasi.

Para pasien itu diharapkan bisa membuat video testimoni untuk menceritakan kondisinya, kemudian disebarkan pesan tersebut pada masyarakat.

Gubernur Ganjar Pranowo meminta agar dokter-dokter di RSUD Muntilan meminta pasien yang awalnya tidak percaya Covid kemudian sadar, untuk memberikan edukasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News