Orang Tua Jangan Lupa Mendidik Anak-anak PAUD Selama Pandemi Corona

Orang Tua Jangan Lupa Mendidik Anak-anak PAUD Selama Pandemi Corona
PAUD. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pandemi corona membuat banyak kegiatan publik beralih dengan pusat aktivitas utamanya berada di rumah.

Situasi ini merupakan realitas baru yang juga dialami dunia pendidikan utamanya terjadi pada pengajaran pendidikan anak usia dini (PAUD).

Mau tidak mau, suka atau tidak, semua pihak mulai guru, orang tua, dan murid harus siap menjalani kehidupan baru lewat pendekatan belajar menggunakan teknologi informasi dan media elektronik agar proses pengajaran bisa berlangsung dengan baik.

Pada konteks yang lain, semua pihak diharapkan tetap bisa optimal menjalankan peran barunya dalam proses belajar-mengajar di masa pandemi ini.

Demi terselenggaranya tujuan tersebut, Tanoto Foundation melalui program Early Childhood Education and Development (ECED) yang berorientasi pada pengasuhan anak usia dini untuk generasi siap sekolah, bekerja sama dengan Kemendikbud menyelenggarakan kegiatan Webinar dengan bahasan, "Proses Belajar Mengajar PAUD dengan Keterbatasan Teknologi Informasi".

Agenda ini dibuka Eddy Henry, Head of ECED Tanoto Foundation dengan turut mengundang narasumber yang terdiri dari Prof. Netty Herawati (Ketua Umum HIMAPAUDI), Yuli Yana (Pengasuh PAUD Aceh Besar), Wendelina (Guru PAUD Timor Tengah Selatan), Farida Yusuf (IGTKI), Siti Latifa (IGRA), kemudian dari sisi Penanggap hadir Kemendikbud yang diwakili oleh Dr. Muhammad Hasbi (Direktur PAUD) dan Abdoellah, MPd (PLT Direktur Pembinaan Guru dan Tenaga Pendidikan PAUD) serta dari sisi Kemenag diwakili oleh Siti Sakdiyah, MPd (Kasubdit Raudhotlul Atfal).

Dalam sambutannya, Eddy menerangkan inisiatif kegiatan ini awalnya didorong oleh Kemendikbud.

Tanoto Foundation menyambut baik ajakan tersebut dengan merealisasikan pelaksanaan webinar ini. Menimbang, masih terdapat kesenjangan akses terhadap internet, kapasitas menggunakan aplikasi pembelajaran, serta kemampuan finansial di setiap wilayah. 

Orang tua tetap harus memerhatikan perkembangan pendidikan anak-anak usia PAUD di masa pandemi corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News