Orang Tua Wajib Paham, Perkembang Kognitif Sangat Dipengaruhi Sistem Imun

Orang Tua Wajib Paham, Perkembang Kognitif Sangat Dipengaruhi Sistem Imun
Webinar bertajuk ‘Bicara Gizi’ dengan topik ‘Maksimalkan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Daya Tahan Tubuh dan Stimulasi yang Tepat’ (26/08). Foto: Tangkapan layar Bicara Gizi

jpnn.com, JAKARTA - Dokter Spesialis Anak Konsultan Alergi Imunologi, dr. Molly Dumakuri Oktarina, Sp.A(K) mengatakan perkembangan kognitif anak sangat dipengaruhi oleh sistem imun yang sehat.

Sebab, sistem imun berperan penting dalam perkembangan otak.

Hal itu diungkapkan dr. Molly dalam webinar bertajuk ‘Bicara Gizi’ dengan topik ‘Maksimalkan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Daya Tahan Tubuh dan Stimulasi yang Tepat’ (26/08).

"Sistem imun yang tidak teregulasi dengan baik akan menyebabkan gangguan perkembangan otak (kognitif dan perilaku)," ungkap dr. Molly dalam keterangan di Jakarta, Kamis (27/10).

Dia menjelaskan anak dengan status gizi yang baik dan asupan nutrisi yang seimbang, memiliki mikrobiota saluran cerna yang lebih sehat.

Hal ini tentunya dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak menjadi lebih kuat serta membantu tubuh menolak zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh, sehingga anak lebih aktif beraktivitas dan bisa menanggapi stimulasi dengan baik.

Lebih lanjut, nutrisi yang baik akan meningkatkan kematangan dan kedewasaan sistem imun.

"Asupan nutrisi yang diperlukan oleh anak untuk membangun sel-sel tubuh demi mendorong perkembangan kognitif di antaranya adalah vitamin, mineral, asam amino, asam lemak, fitokimia, prebiotik, dan probiotik," beber dr. Molly.

Dokter Spesialis Anak Konsultan Alergi Imunologi, dr. Molly Dumakuri Oktarina, Sp.A(K) mengatakan perkembangan kognitif anak sangat dipengaruhi oleh sistem imun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News