Orang Tua Wajib Tahu, Kunci Mengembangkan Minat dan Bakat Anak

Orang Tua Wajib Tahu, Kunci Mengembangkan Minat dan Bakat Anak
Metode pembelajaan adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam mengembangkan minat dan bakat anak. Foto: dok SMM

jpnn.com, JAKARTA - Metode pembelajaan adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam mengembangkan minat dan bakat anak.

Kepala Sekolah Murid Merdeka (SMM) Laksmi Mayesti menyatakan kebahagiaan anak dalam belajar adalah kunci untuk tumbuh kembang anak yang optimal di masa depannya.

Untuk itu, metode dan cara belajar-mengajar yang memastikan kebahagiaan anak sangat penting dalam tumbuh kembang anak.

Salah satu pendekatan itu, yakni sistem pembelajaran pedagogi dengan mengedepankan blended learning.

“Metode dan cara belajar blended learning memastikan kebahagiaan anak dalam belajar dan berkembang sesuai dengan minat dan bakat mereka,” kata Laksmi dalam keteangan yang dikutip di Jakarta, Kamis (9/6).

Menurutnya, untuk memberikan kebahagiaan dalam belajar, SMM menawarkan pembelajaran yang konseptual, dan kontekstual, serta fleksibilitas, yang membuat cara belajar mengajarnya menjadi berbeda dari sekolah lain.

Laksmi menjelaskan, murid-muridnya diberikan keleluasaan dalam belajar atau fleksibilitas tanpa mengurangi bobot dari pelajaran sesuai dengan kebutuhan. Selain itu mereka tidak hanya belajar di dalam kelas, tetapi juga ada field trip, kunjungan, virtual tour, serta diskusi.

“Faktor inilah yang dapat membuat anak paham maksud dari tujuan pembelajaran, dan membuat mereka mendapatkan kebahagiaan dalam belajar. Penilaian kelulusan diberatkan oleh praktik. Porsi teori hanya 10 persen saja,” kata Laksmi.

Metode pembelajaan adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam mengembangkan minat dan bakat anak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News