Orasi di Wisuda Universitas Pancasila, Ganjar: Jadilah yang Luar Biasa

Orasi di Wisuda Universitas Pancasila, Ganjar: Jadilah yang Luar Biasa
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi orator dalam 'Orasi Ilmiah: Menghadapi Tantangan Global' saat Dies Natalis ke-56 dan Wisuda Semester Genap Program D3, S1, Profesi S2 dan S3 Universitas Pancasila.

Dalam orasinya, Ganjar meyerukan agar mampu menjadi kalangan intelektual yang tidak biasa-biasa saja dan mampu memberikan kontribusi yang besar kepada Bangsa Indonesia.

"Jangan pernah menjadi biasa-biasa saja, jadilah yang luar biasa, yang mampu membawa kemajuan bagi bangsa dan negara," seru Ganjar di Jakarta Convention Center (JCC) pada Selasa (1/11).

Terlebih, Indonesia yang menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi G20 tahun ini, yang merupakan kesempatan emas untuk menunjukkan kepada dunia internasional ihwal kemajuan apa saja yang telah diraih Bangsa Indonesia.

Hal itu juga dikuatkan dengan terkendalinya krisis global, seperti tingkat inflasi dan ketahanan pangan yang mampu dihadapi Bangsa Indonesia.

Sebab, lanjut Ganjar, banyak negara-negara maju di dunia memiliki tingkat inflasi yang lebih tinggi dan tak terkendali.

"Bahkan masyarakat Eropa angka inflasinya sudah tembus 9,9 persen, jangan tanya Turki ya lebih tinggi lagi dan itu jadi rekor inflasi tertinggi sepanjang sejarah," jelas Ganjar.

"Orang-orang di Perancis, Ceko, Romania sampai Belgia hari ini melakukan aksi protes besar-besaran harga barang dan biaya hidup, di sini kemarin juga. Belum lagi di Inggris Raya ada Rusia, Itali, Belanda yang inflasinya sudah lebih 10 persen. Negara yang selalu kita jadikan kiblat kalo kita baca buku," sambung Ganjar.

Ganjar berharap, para lulusan ini nantinya bisa menjadi pendorong sekaligus salah satu agen dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News